Penerimaan PBB Seharusnya Meningkat



TURUNNYA target penerimaan PBB (Pajak Bumi dan Bangunan) tahun 2015 di Kota mataram mendulang pertanyaan besar di kalangan DPRD Kota Mataram. Wakil Ketua DPRD Kota Mataram, I Wayan Sugiartha yang ditemui Suara NTB di kantornya, Selasa (28/10) mengaku heran atas kebijakan menurunkan target penerimaan PBB pada tahun anggaran 2015 mendatang.

Karena umumnya, trend penerimaan pajak apapun namanya diupayakan meningkat. ‘’Akan menjadi aneh karena kemarin begitu ditutupnya Gebyar PBB, kurangnya tidak banyak,’’ sebutnya. Itupun lanjut, Wayan Sugiartha, setelah dilihat, yang kebanyakan belum membayar pajak justru berasal dari kalangan PNS. Artinya, potensinya, sudah jelas dan pasti akan terealisasi.

Belum lagi berbicara NJOP (Nilai Jual Objek Pajak) yang setiap tahun meningkat. Untuk itu seharusnya target PBB juga harus naik. ‘’Kok malah turun,’’ ujarnya heran. Kondisi ini sangat ia sayangkan. Apalagi Dispenda sudah menyampaikan data yang valid. ‘’Ya kan harusnya tinggal data itu saja divalidkan sesuai realita di lapangan dan harus dihitung ulang dan pasti terjadi kenaikan,’’ terang politisi PDI Perjuangan ini.

Melihat trend perkembangan Kota Mataram, target penerimaan PBB tahun 2015 seharusnya bisa di atas Rp 20 miliar. Wayan Sugiartha menyebut langkah TAPD (Tim Anggaran Pemerintah Daerah) yang akan menurunkan target penerimaan PBB tahun 2015 sebagai suatu keanehan. Sebab, Dispenda Kota Mataram selaku SKPD teknis justru memprediksi masih bisa terjadi kenaikan.

Apalagi potensi sangat memungkinkan untuk menaikan target penerimaan PBB. Belum lagi berbicara masalah potensi baru. Dengan jumlah wajib pajak dari kalangan PNS, target penerimaan PBB tahun 2014 di Mataram, sudah bisa terpenuhi. ‘’Bahkan kalau Dispenda melakukan pendataan ulang, pasti akan lebih tinggi lagi,’’ pungkas Wayan Sugiartha.

Karena belum masuk dalam pembahasan APBD Kota Mataram, Wayan Sugiartha mengimbau TAPD Kota Mataram untuk meninjau kembali kebijakan menurunkan target penerimaan PBB tahun 2015 nanti. (fit)

Comments

Popular Posts