PAD Mataram Bisa Rp 200 Miliar



WAKIL Ketua DPRD Kota Mataram, Muhtar, SH., mengapresiasi capaian PAD Kota Mataram tahun 2014. Dari target Rp 119 miliar, sudah mampu dicapai Rp 160 miliar lebih. Capaian itu menggambarkan betapa potensi Kota Mataram masih cukup besar untuk bisa memberi kontribusi nominal PAD yang signifikan.

Bahkan, menurut Muhtar, PAD Kota Mataram masih bisa dinaikkan menjadi Rp 180 miliar sampai Rp 200 miliar. ‘’Dari Rp 119 miliar sudah mencapai Rp 160 miliar, jadi sudah jauh sekali,’’ cetusnya. Capaian yang menggemberikan itu didalamnya termasuk beberapa sumber PAD yang dianggap jauh dari prediksi. Seperti RSUD Kota Mataram yang hanya Rp 23 miliar, bisa menjadi 40 miliar.

‘’Itu yang membuat peningkatannya sangat tinggi,’’ cetusnya. Sehingga, lanjut Muhtar, kalau tahun 2014 saja PAD Kota Mataram ditargetkan Rp 119 miliar lalu tercapai Rp 160 miliar, lalu kenapa target PAD Kota Mataram tahun 2015 hanya Rp 160 miliar. ‘’Berarti tidak ada peningkatan sama sekali,’’ imbuhnya. Memang, kalau dilihat dari target dan capaian PAD tahun 2014, sebagai dasar penentuan target PAD tahun 2015, menurut dia, Pemkot Mataram tidak perlu susah-susah mencarinya.

‘’Itu pemikiran kita (Gerindra, red). Kenapa target yang sudah dicapai, itu lagi yang menjadi target di 2015,’’ tegasnya. Lain halnya Pemkot menargetkan PAD 2015 sebesar Rp 180 miliar atau bahkan Rp 200 miliar. ‘’Itu baru namanya kerja,’’ cetus Ketua Fraksi Partai Gerindra DPRD Kota Mataram ini. Melihat tingkatan penghasilan tahun 2014, pada angka Rp 180 miliar atau Rp 200 miliar, katanya, tidak terlalu sulit dicapai.

Sebab potensi sumber PAD dari sektor jasa perdagangan di Mataram semakin bertambah. Seperti menjamurnya hotel. Yang penting, sambung Muhtar, pengelolaan pajak ataupun retribusi dilakukan dengan baik. Muhtar meyakini masih sangat banyak potensi yang bisa digali. ‘’Rumah sakit (RSUD Kota Mataram, red) sudah bisa naik 300 persen,’’ sebutnya. Belum lagi parkir.

Dari potensi yang luar biasa di Mataram, tinggal bagaimana Pemkot melaksanakan aturan dengan baik. (fit)

Comments

Popular Posts