Inspektorat Jangan Hanya Jadi Pelengkap SKPD


Keberadaan Kantor Inspektorat Kota Mataram, terkesan tertutup. Selama ini, hampir tidak pernah terdengar ada temuan hasil dari evaluasinya terhadap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkup Pemkot Mataram yang dipublikasikan.
‘’Mungkin temuannya ada, tapi tidak dibeberkan ke publik,’’ kata Wakil Ketua DPRD Kota Mataram, Ir. Made Slamet, MM di kantornya, Selasa (2/6) kemarin, menilai kinerja Inspektorat selama ini. Akibat sikap tertutup itu, temuan dari SKPD-SKPD yang ada, hampir tidak pernah disinggung.
Padahal kalangan DPRD Kota Mataam sering kali mempertanyakan kinerja Ispektorat, agar keberadaanya tidak hanya sekadar sebagai alat kelengkapan SKPD. DPRD Kota Mataram juga ingin tahu instansi-instansi mana saja yang ada masalah, sehingga dapat mencarikan solusi bersama. Sayangnya hingga saat ini belum ada realisasi. "Laporan mungkin ada namun sebatas interen saja, atau ada beban psikologis sehingga temuan tidak dipublikasikan," katanya.
Dari itu, anggota Fraksi PDI Perjuangan Kota Mataram ini berharap ke depan Inspektorat bisa membuka akses akuntabilitas. Komentarnya itu, tegas Made, bukan berarti Dewan ingin ikut-ikutan dalam masalah teknis, melainkan ingin membantu mencari solusi. "Kalau ada instansi yang kurang baik, mari kita berbaiki bersama-sama,’’ sarannya.

Comments

Popular Posts