Dana Pilkada Kota Mataram Kurang Rp 2 Miliar


Mataram (Suara NTB) -
Pilkada Kota Mataram yang akan digelar tahun 2010 mendatang mulai menemui masalah. Seperti yang terjadi di banyak daerah, masalah kekurangan anggaran juga menghantui Pilkada Kota Mataram.
Humas KPUD (Komisi Pemilihan Umum Daerah) Kota Mataram, Agus Afandi, ST, Senin (3/8) kemarin, menjelaskan anggaran yang sudah disepakati eksekutif dan legislatif di tingkat paripurna dewan terkait dana cadangan Pilkada Kota Mataram 2010 sebanyak Rp 11 miliar. Akan tetapi, KPUD Kota Mataram menghitung kebutuhan anggaran untuk Pilkada Kota Mataram tahun depan sebesar Rp 13 miliar. Dengan demikian terjadi kekurangan anggaran sebanyak Rp 2 miliar.
KPUD Kota Mataram menghitung anggaran Pilkada untuk putaran pertama dialokasikan Rp 8 miliar dan Rp 5 miliar untuk putaran keduanya. Kendati demikian, lanjut Agus, kebutuhan budget Pilkada oleh KPUD Kota Mataram tidak bisa dipaksakan. Menyikapi kekurangan anggaran tersebut, kemungkinan KPUD Kota Mataram akan melakukan penyesuaian di sejumlah pos belanja. Karena bagaimanapun juga dana cadangan Pilkada ini bersifat hibah terbatas.
Artinya boleh digunakan untuk Pilkada seluruhnya. Tapi jika terjadi kelebihan, tentu harus dikembalikan. Ia mencontohkan anggaran Pilpres diberikan dengan perkiraan pemilihan kepala negara itu berlangsung dalam dua putaran. Kenyataannya Pilpres berlangsung satu putaran saja. Sehingga, kelebihan anggaran Pilpres itu harus dikembalikan ke APBN.
Hal yang sama juga berlaku pada anggaran Pilkada kota Mataram. Manakala terjadi kelebihan anggaran yang diakibatkan Pilkada berlangsung dalam satu putaran maka sisa anggaran harus dikembalikan ke kas daerah. Kekurangan anggaran Pilkada Kota Mataram ini, akunya, bisa disiasati dengan menyusutkan kedua pos belanja pada putaran pertama dan kedua atau dengan menyeimbangkannya. (fit)

Comments

Popular Posts