Gelar Pasar Rakyat

Selain mengecek ketersediaan sembako, Dinas Koperindag Kota Mataram berencana menggelar pasar rakyat. Itu, menurut Kepala Dinas Koperindag Kota Mataram, Drs. H. Marzuki sahaz, MM., didampingi Kabid Perdagangan, Ir. Bambang Juni Wartono, akan dilaksanakan sepekan sebelum puasa dan dua minggu sebelum lebaran tiba. Pada gelaran pasar rakyat itu, total paket sembako yang akan dijual sebanyak 5.100 paket. Alokasi per kecamatan, yakni 850 paket atau 425 paket/lokasi.
Paket berisi 2 Kg beras dan 2 Kg gula pasir. ''Paket kita jual dengan harga Rp 16.000,'' sebutnya. Dari harga tersebut, Dinas Koperindag memberikan subsidi senilai Rp 11.000/paket. Penjualan paket sembako bersubsidi itu diselingi pula dengan komoditi-komoditi lainnya nonsubsidi sesuai dengan distributor. Meski nonsubsidi, akan tetap sembako dijual dengan harga distributor. Selain itu, pihak Koperindag Kota Mataram juga telah berkoordinasi dengan Pertamina untuk menjual minyak tanah sesuat HET (Harga Eceran Tertinggi) pada acara pasar rakyat.
Marzuki menjelaskan, untuk duakali kegiatan pasar rakyat itu, masing-masing dialokasikan anggaran subsidi sebesar Rp 30 juta yang berasal dari APBD Kota Mataram. ''Jadi Rp 30 juta seminggu sebelum puasa dan Rp 30 juta, dua minggu sebelum lebaran,'' terangnya.
Untuk kegiatan pasar rakyat seminggu sebelum puasa dan dua minggu sebelum lebaran, telah ditentukan titik-titiknya. Untuk Kecamatan Ampenan, tanggal 10 Agustus dipusatkan di taman Pantai Ampenan dan tanggal 7 September di halaman KUD fajar (Kelurahan Pejarakan). Di Kecamatan Sekarbela, mengambil lokasi di BTN Kodya Asri, samping Kantor KPU Kota Mataram, untuk tanggal 11 Agustus dan di Lapangan karang Pule pada tanggal 8 September yang akan datang.
Untuk Kecamatan Mataram, masing-masing di Jalan Meninting, BTN Kekalik, tanggal 12 Agustus dan di lapangan karang Sukun tanggal 9 September. Kecamatan Selaparang, tanggal 13 Agustus di lapangan Kebon Jaya, Monjok dan tanggal 10 September di lapangan Timur Bumi Gora.
Sementara itu, untuk Kecamatan Cakranegara, di Kantor Lurah Cakra Barat, tanggal 15 Agustus dan di Pekarangan belakang toko Sukses tanggal 11 September mendatang. Terakhir di Kecamatan Sadubaya, masing-masing di lapangan Selagalas tanggal 18 Agustus dan di Lapangan Babakan tanggal 12 September. (fit)

Comments

Popular Posts