Pemkot Mataram Pastikan Beli Empat Aset Lobar

Mataram (Suara NTB) -Pemkot Mataram memastikan akan membeli minimal empat aset milik Pemkab Lobar yang ada di Kota Mataram. Hal itu disampaikan Sekda Kota Mataram, Ir. HL. Makmur Said, MM., menjawab Suara NTB di ruang kerjanya, Kamis (26/8) kemarin.
Empat aset Pemkab Lobar yang rencananya akan dibeli, masing-masing Kantor eks Dinas Kesehatan Lobar yang berlokasi di perempatan Majeluk, Mataram. Saat ini kantor tersebut dipinjam pakai oleh Pemkot Mataram sebagai KPPT (Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu) Kota Mataram. Selain itu Pemkot Mataram juga akan membeli rumah jabatan Dewan yang tertetak di Jalan Langko, Kantor eks Dinas PU dan eks Dinas Dikpora di Seruni.
Kepastian akan dibelinya keempat aset tersebut tercantum dalam pos anggaran pengadaan dalam RAPBD Kota Mataram Tahun 2010. Menurut Makmur, Pemkot Mataram sudah berkoordinasi dengan asisten dan sekda Lobar. Dalam koordinasi dimaksud, Pemkab Lobar akan memprioritaskan melepas aset tersebut kepada Pemkot Mataram. ''Setelah Mataram, barulah ditawarkan kepada Pemprov NTB,'' ujarnya.
Terkait rencana jual beli aset, masing-masing Pemkot di bawah koordinator Sekda Lobar, menunjuk staf yang secara intens membicarakan dan melakukan pengukuran luas aset, sebagai dasar untuk menentukan harga. Pemkot Mataram pun akan mengkaji harga pasar yang ada di sekitar aset yang hendak dijual. ''Kita berharap, antara G to G (pemerintah dengan pemerintah, red) agar dapat harga khusus. Ini agar tidak ada yang dirugikan,'' terangnya.
Untuk pembelian aset Pemkab Lobar, demikian Makmur Said, ada beberapa cara membayar. Ada keinginan Pemkot Mataram untuk membayar secara bertahap. Namun di sisi lain Pemkot berharap bisa membayar tunai aset tersebut menggunakan piutang bagi hasil pajak Pemprov NTB yang saat ini berjumlah Rp 25 miliar. ''Kita harapkan juga DPD bisa memfasilitasi. Apakah DPD yang membayar tunai, nanti kita mengangsur ke DPD,'' pungkasnya.
Sekda menambahkan, dalam waktu dekat ini, pihak Pemkot Mataram juga akan menentukan berapa nilai tafsir harga keempat aset itu kepada Pemkab Lobar. (fit)

Comments

Popular Posts