Hindari Hilangnya Formasi CPNS, Pemkot Segera Sosialisasi Cara Mengisi Database

Mataram (Suara NTB) -
Menghindari kemungkinan hilangnya formasi CPNS, Pemkot Mataram segera melakukan sosialisasi tata cara pengisian biodata peserta tes CPNS. Sosialisasi itu, tidak hanya kepada peserta tes, juga kepada pihak-pihak yang nantinya bertugas menjadi pengawas ruangan.

Demikian disampaikan Sekda Kota Mataram yang juga Ketua Panitia Rekrutmen CPNS lingkup Kota Mataram, Ir. HL. Makmur Said, MM., kepada wartawan di ruang kerjanya. Sosialisasi ini dipandang sangat perlu dilakukan mengingat pengalaman tahun 2008 lalu, banyak formasi CPNS di Mataram yang hilang. Penyebabnya, banyak biodata peserta yang tidak bisa terbaca oleh sistem.

Dampaknya, lembar jawaban yang tidak terbaca jelas tidak memiliki nilai. Dijelaskan Sekda, jumlah formasi untuk Kota Mataram sebanyak 549. Tahapan pelaksanaan direncanakan mulai 8 Oktober mendatang. Diawali dengan pengumuman kepada masyarakat tanggal 8 - 22 Oktober. Berikutnya, 9 - 23 Oktober penerimaan berkas lamaran oleh oleh panitia melalui pos. ''Lamaran paling lambat diterima tanggal 23 Oktober pukul 00.00 wita,'' imbuhnya.

Seleksi administrasi dilaksanakan selama dua hari, 24 - 25 Oktober yang dilanjutkan dengan pemberian nomor tes kepada pelamar serta rapat teknis pembuatan soal. Karena soal tes CPNS dibuat oleh Unram, maka tanggal 4 November dijadwalkan membuat master soal. ''Ini akan digandakan selama tiga hari,'' cetusnya. Dari percetakan, selanjutnya soal akan langsung didistribusikan ke sekolah-sekolah,'' terangnya.

Untuk proses distribusi soal ke sekolah-sekolah, tanggal 7 atau 8 November, pihaknya akan meminta bantuan pengawasan dari pihak kepolisian. Puncaknya, tes CPNS akan digelar tanggal 8 November. Kemudian pada hari yang sama, lembar kunci jawaban langsung diserahkan Pemkot Mataram kepada Unram. Untuk memeriksa soal tes CPNS, pihak Unram diberi waktu tiga hari (10 - 12 November).

Keesokan harinya, tanggal 13 November Unram akan menyerahkan lembar jawaban peserta yang telah diperiksa, berikut perangkingannya. ''Tanggal 14 November adalah pengumuman,'' cetusnya. Sebenarnya tes CPNS merupakan kesempatan bagi Pemkot Mataram untuk mengangkat putra daerah menjadi PNS. Akan tetapi, sejauh ini belum ada sistem di Unram yang memungkinkan untuk itu. (fit)

Comments

Popular Posts