Dinas PU Targetkan Pemenuhan Air Bersih Rampung 2012

Mataram (Suara NTB) -
Kepala Dinas PU Kota Mataram, Ir. H. Makbul Ma'sum, MM., menyatakan, pemenuhan air bersih di Kota Mataram akan rampung pada tahun 2012 mendatang. Sebab, saat ini saja, pemenuhan air bersih baru mencapai rata-rata 60 persen. Sisanya 40 persen tersebar di sejumlah kelurahan di Mataram seperti Dasan Agung dan Sandubaya.

‘’Belum ada kelurahan yang benar-benar seluruhnya terjangkau air bersih,’’ terangnya. Menurut Makbul, pengelolaan air bersih oleh PDAM Menang Mataram yang merupakan milik Pemkot Mataram dan Pemkab Lobar yang dituangkan dalam kerjasama pengelolaan dan merupakan perusahaan daerah yang tersehat di tingkat nasional.

Pelayanan PDAM sampai saat ini mencapai 65 persen dengan total jumlah pelanggan sebanyak 60.000 SR (sambungan rumah tangga). Untuk Kota Mataram, sebutnya, baru mencapai 39.000 SR, sedangkan sisanya merupakan pelanggan di Kabupaten Lobar. Untuk wilayah yang belum terjangkau, terutama di wilayah pemukiman padat penduduk, Pemkot Mataram menyediakan air bersih di luar sistem PDAM.

Terkait hal itu, Pemkot Mataram terus melaksanakan pembinaan, pelaksanaan, pemanfaatan maupun pengendalian program atau kegiatan. Dukungan penyediaan dan pemasangan jaringan perpipaan sambungan rumah tangga (SR) untuk jaringan PDAM, dianggarkan melalui APBD.

Dikatakan Makbul, dukungan penyediaan prasarana dan sarana air bersih terutama pada wilayah rawan ketersediaan air bersih dari PDAM, yaitu dengan pembuatan sumur bor, tower dan pemasangan jaringan pipa. Dengan target sasaran sekitar 100 KK yang nantinya akan dikelola melalui kelembagaan KSM (Kelompok Swadaya Masyarakat). (fit)

Comments

Popular Posts