Rencanakan Pelayanan Satu Atap KPPT akan Jadi Badan

Mataram (Suara NTB) -
Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Mataram Lalu Martawang menilai, sinergitas yang diharapkan antara Pemkot Mataram dengan pemerintah pusat di bidang penanaman modal, telah menemukan momentumnya. Hal ini disampaikannya dalam sosialisasi Kebijakan Penanaman Modal Dalam Negeri yang digelar Pemkot Mataram bersama BKPM di salah satu hotel berbintang di Mataram.

Menurut dia, Pemkot Mataram tengah merencanakan peningkatan status kelembagaan Kantor Perizinan dan Pelayanan Terpadu (KPPT) Kota Mataram, dari kantor menjadi Badan. Sehingga proses perizinan satu pintu seperti dilaksanakan selama ini dapat menjadi lebih singkat menjadi perizinan satu atap. “Ini menjadi simpul yang baik bertemunya antara keinginan pusat dan daerah,’’ tutur Martawang. “Kalau bisa dipermudah tidak boleh dipersulit,’’ pungkasnya.

Sebelumnya, Sekretaris daerah Kota Mataram H.L. Makmur Said mewakili Walikota Mataram H. Ahyar Abduh mengatakan, kerjasama yang merupakan pertama kalinya antara Pemkot Mataram dengan BKPM ini adalah bagian dari upaya meningkatkan wawasan bersama tentang kebijakan penanaman modal dalam negeri baik dari sisi yang berkaitan dengan kebijakan pembangunan perekonomian nasional, tata cara perijinan dan non perijinan penanaman modal maupun Standar Pelayanan Minimal di bidang penanaman modal.

Penanaman modal lanjut Makmur, sangat penting dalam kontribusinya terhadap penyelenggaraan pembangunan di Kota Mataram. Khususnya dalam upaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat, menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan pembangunan ekonomi berkelanjutan. Pemda harus dapat memanfaatkan sumber daya potensial yang ada melalui kegiatan pengembangan, pengawasan atau pengendalian, dan promosi investasi. (fit)

Comments

Popular Posts