Kilas Balik 2013 (1)

Target DPRD Kota Mataram Sesuai Harapan


DPRD Kota Mataram nampaknya akan menutup tahun 2013 ini dengan manis. Pasalnya, semua program berikut kegiatan yang dilaksanakan DPRD Kota Mataram sudah sesuai harapan. Hal itu tercermin dari hasil wawancara khusus Suara NTB dengan tiga Pimpinan DPRD Kota Mataram yang akan terbit dalam tiga tulisan bersambung, 16 – 18 Desember.

‘’’ALHAMDULILLAH selama ini kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan Dewan sesuai yang kita harapkan,’’ ujar Ketua DPRD Kota Mataram, Drs. H. Muhammad Zaini. Adapun tolak ukur ketika mengklaim bahwa kerja-kerja DPRD Kota Mataram sepanjang tahun 2013 ini sesuai harapan, salah satunya, adalah terlaksananya agenda-agenda Dewan yang telah terjadwal oleh Badan Musyawarah DPRD Kota Mataram

Seperti pembahasan paket raperda (rancangan peraturan daerah). Baik raperda yang berasal dari eksekutif, terlebih raperda inisiatif DPRD Kota Mataram. Zaini juga mencermati, selama pembahasan perda-perda tersebut, betapa para anggota DPRD Kota Mataram telah menunjukkan dedikasinya. Politisi Partai Demokrat ini tidak memungkiri kalau tahun 2013 terlebih menjelang akhir tahun 2013 ini merupakan tahun politik, namun sama sekali tidak mempengaruhi kerja-kerja profesional anggota DPRD Kota Mataram.

‘’Kalau mengenai politik, itu sudah ada catatan langit,’’ selorohnya. Menurut Zaini, sebagai anggota Dewan yang masih aktif sekaligus maju kembali dalam pencalegan 2014, harus pandai-pandai mengatur waktu. Jangan sampai, tugas utama sebagai anggota DPRD Kota Mataram justru terbengkalai. ‘’Ada saat kita bekerja, ada saat kita bersilaturrahim, kan tidak setiap hari juga,’’ cetusnya.

Zaini menyatakan, semua perda yang masuk ke DPRD Kota Mataram, tidak satupun yang tidak selesai pembahasannya. ‘’Sekarang ini ada tiga yang sedang dilakukan pemabahasan. Raperda reklame, Raperda tanggung jawab sosial perusahaan dan UMKM dan koperasi,’’ terangnya. Ia berharap, ketiga raperda yang sedang dalam pembahasan ini, menyusul raperda lain yang telah rampung terlebih dahulu.

Orang nomor satu di DPRD Kota Mataram ini menyampaikan rasa terimakasihnya kepada anggota DPRD Kota Mataram yang telah dengan sungguh-sungguh melakukan pembahasan siang malam. Sehingga, produk-produk yang dihasilkan DPRD Kota Mataram, tidak mengecewakan. Menyinggung masalah raperda hak inisiatif, DPRD Kota Mataram termasuk cukup aktif. ‘’Ndak tahu kalau DPRD-DPRD yang lain,’’ cetus Zaini.

Ia melihat, hal ini tidak terlepas dari kondisi Kota Mataram yang senantiasa kondusif. Baik dalam hubungan di internal DPRD Kota Mataram maupun hubungan kemitraan dengan eksekutif Kota Mataram. Sehingga pembahasan yang dilakukan berjalan. ‘’Bukan karena ada kongkalikong atau apa tapi karena kita menyadari bahwa semua yang kita lakukan adalahuntuk kepentingan masyarakat,’’ terang Zaini sembari berkelakar kalau ada yang mudah buat apa dipersulit.

Zaini meyakini, hubungan yang harmonis antara eksekutif dan legislatif mendorong percepatan kerja Dewan dalam setiap pembahasan produk-produk DPRD Kota Mataram seperti Perda. Apalagi, tingkat kehadiran anggota Dewan yang terukur dari rapat-rapat komisi maupun paripurna, akunya, relatif bagus. Ia kembali menekankan supaya tahun politik ini tidak menjadi penghambat para anggota DPRD Kota Mataram dalam melaksanakan kewajibannya selaku wakil rakyat di parlemen. ‘’Inikan agenda lima tahunan yang biasa kita lakukan,’’ kata Zaini. Bahkan, sejauh ini tidak ada gesekan berarti. Ia berharap kondisi yang kondusif dan harmonis ini terjaga hingga berakhirnya masa jabatan anggota DPRD Kota Mataram Agustus 2014 mendatang. (fit/*)

Comments

Popular Posts