Kilas Balik 2013 (2)

Trend Sinergisitas Masyarakat dengan Dewan Meningkat Signifikan


H. Didi Sumardi

WAKIL Ketua DPRD Kota Mataram, H. Didi Sumardi, SH (HDS) memiliki ulasan yang berbeda terkait kilas balik kerja-kerja Dewan sepanjang tahun 2013. HDS kepada Suara NTB, Senin (16/12) kemarin mengatakan, terkait dengan perjalanan DPRD Kota Mataram pada etape tahun 2013, secara statistik menunjukkan peningkatan dari tahun sebelumnya.

Hal ini bisa dilihat dari implementasi fungsi dan tanggung jawab DPRD secara institusional. Dari fungsi legislasi dalam tahun 2013, menurut HDS, Dewan berhasil mengeluarkan produk hukum. Antara lain, Peraturan Daerah (Perda) 10 buah, Keputusan Dewan 24 buah dan Keputusan Pimpinan DPRD sebanyak 3 buah. Dari aspek fungsi budget, penyelesaian beberapa hal yang terkait dengan implementasi fungsi anggaran Dewan juga lebih baik dari tahun sebelumnya.

Seperti target dalam menyelesaikan pembahasan Arah Kebijakan APBD  dan Penentuan Plafon Anggaran Sementara (PPAS) sebagai acuan dalam mendesain RAPBD 2014. Selain itu, sambung HDS, KUA dan PPAS Perubahan 2013 termasuk pembahasan RAPBD Perubahan 2013 dan RAPBD 2014 dapat diselesaikan lebih awal dari tahun sebelumnya.

Disisi lain pelaksanaan fungsi pengawasan Dewan juga menunjukkan progresivitas yang lebih baik dari tahun sebelumnya. Disisi lain, demikian politisi Partai Golkar ini, trend sinergisitas masyarakat dengan DPRD juga menunjukkan peningkatan yang signifikan. Hal ini, kata HDS, bisa dilihat dari peningkatan penyampaian aspirasi masyarakat dan aktualisasinya serta tingkat ekspektasi masyarakat terhadap DPRD juga menunjukkan trend yang bagus.

Gambaran tersebut menggembirakan Dewan tidak saja dari sudut output kelembagaan tapi juga dari aspek normatif substansial menunjukkan kelembagaan Dewan dapat melahirkan berbagai kebijakan yang turut mendorong terbangunnya akselerasi capaian berbagai hal kemajuan secara kualitatif dan kuantitatif di Kota Mataram. ‘’Karena, untuk mewujudkan performa dan dinamika DPRD yang produktif, konstruktif dan prospektif yang simetris dengan dinamika pemerintahan dan masyarakat itu tidak mudah,’’ terang HDS.

Menurut HDS, pembahasan laporan pelaksanaan dan pertanggungjawaban APBD 2013 juga dapat diselesaikan sesuai dengan target waktunya. ‘’Sehingga apa yang dihasilkan oleh DPRD dalam kurun waktu 2013, alhamdulillah kita tidak masuk dalam katagori orang merugi karena berhasil mewujudkan tahun 2013 lebih baik dari tahun sebelumnya,’’ demikian HDS. Yang menggembirakan juga, adanya tren pengajuan raperda dari inisiatif DPRD baik secara kualitatif dan kuantitatif juga progresnya meningkat.

Sementara itu, lanjut HDS, yang menjadi konsen DPRD tahun 2014 adalah bagaimana mempertahankan trend yang positif tersebut. ‘’Hal ini tidak mudah karena kita berada pada siklus tahun politik dan masa bhakti anggota DPRD berakhir pada akhir catur wulan kedua tepatnya bulan Agustus 2014,’’ pungkasnya. Sehingga, ada beberapa kemungkinan yang tidak bisa diantarkan oleh DPRD Kota Mataram hingga Bulan Desember 2014. Antara lain Perubahan APBD 2014 kecuali kalau akan dimajukan sekitar bulan Juni atau Juli.

Pada bagian lain, bertepatan dengan momentum HUT NTB yang ke 55, HDS secara khusus menyampaikan Dirgahayu NTB. ‘’Semoga ke depan senantiasa diberikan kemudahan dalam mewujudkan masyarakat NTB yang beriman, bertaqwa, berbudaya, maju dan berdaya saing tinggi,’’ harapnya.

Kekhususan momen ini juga bermakna secara positif bahwa faktanya empat tahun yang telah berjalan sinergi antara Pemprov NTB dengan Pemkot Mataram terbangun cukup bagus karena itu tentunya tahun 2014 dan selama kepemimpinan TGB- AMIN lebih bisa bersenyawa mewujudkan masyarakat Mataram yang maju, religius dan berbudaya dengan kepemimpinan AMAN (Ahyar-Mohan). ‘’Dengan demikian kita dapat membuktikan sebagai keteladanan dari pemimpinnya bahwa selalu amanah dan istiqomah dalam garis perjuangan yang sama untuk kepentingan masyarakat terlebih posisi Kota Mataram juga sebagai ibukota Provinsi NTB,’’ tandas HDS. (fit/*)

Comments

Popular Posts