Tidak Wajar

Ahmad Tauhid

KETUA Fraksi PKS DPRD Kota Mataram, Ahmad Tauhid, SHI., menyayangkan masih rendahnya capaian lima SKPD lingkup Pemkot Mataram. Ia menilai penyebab rendahnya capaian di suatu SKPD terutama karena faktor SDM (Sumber Daya Manusia). ‘’Komitmen melaksanakan tugas dan amanahyang diemban, masih lemah,’’ ujarnya menjawab Suara NTB, Kamis (19/12) kemarin.

Tauhid melihat, SKPD-SKPD, terlebih yang capaiannya masih rendah, kurang tanggap dengan administrasi dan aturan-aturan yang ada. Selain itu, sambungnya, komunikasi dan evaluasi yang dilakukan kepala daerah, dianggap masih lemah. Kendala-kendala yang dihadapi sejumlah SKPD sebetulnya bisa diantisipasi kalau saja ada komunikasi yang intensif.

Karenanya, ia menyarankan supaya kepala daerah mengadendakan untuk melakukan evaluasi berkala terhadap capaian semua SKPD. Bahkan bila perlu, evaluasi itu harus dilakukan setiap saat. Seperti diketahui, ada lima SKPD dengan capaian terendah yaitu Dinas Pekerjaan Umum (PU) sebesar 39,30 persen, RSUD Kota Mataram 55,45 persen, Bagian Ekonomi Setda Kota Mataram 58,29 persen, Bagian Humas Setda Kota Mataram 53,09 persen dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) sebesar 60 persen. Terkait Dinas PU yang capaiannya paling rendah, Rudi menyebutkan karena proyek pembangunan jalan yang dibiayai PIP belum dilaksanakan. Pinjaman Pemkot Mataram ke PIP untuk pembangunan jalan sebesar Rp 60 miliar belum terealisasi.

Anggota Komisi III DPRD Kota Mataram ini menilai capaian itu tidak wajar mengingat tahun anggaran 2013 yang hampir habis. Paling tidak, lanjutnya, serapan anggaran pada triwulan keempat bisa mencapai 75 persen.

Dalam ini, kata Tauhid dibutuhkan ketegasan kepala daerah. Bagi SKPD-SKPD yang capaiannya masih rendah, perlu diberikan sanksi. Namun begitu, sanksi yang diberikan hendaklah melihat penyebab tidak berjalannya program SKPD terkait kinerjanya secara profesional dan proporsional. ‘’Kita harapkan ada ketegasan kepada SKPD yang bermasalah karenanya kepala daerah harus mengevaluasi apa penyebabnya,’’ tandasnya. (fit)

Comments

Popular Posts