Dianggarkan di APBDP


Pemkot Mataram Tetap Harapkan Pinjaman PIP


Mataram (Suara NTB) –
Meski sudah mulai dianggarkan dalam APBD Perubahan Kota Mataram tahun anggaran 2014, sebesar Rp 5 miliar untuk perbaikan jalan rusak, namun Pemkot Mataram rupanya masih mengharapkan pinjaman Rp 60 miliar di PIP (Pusat Investasi Pemerintah), bisa cair juga. Kepala Bappeda Kota Mataram, Lalu Martawang yang dikonfirmasi di Kantor Walikota, Sabtu (28/6) mengatakan, keputusan untuk pinjaman daerah itu, ranahnya ada di PIP.

Kalaupun nantinya pinjaman itu cair setelah penganggaran dalam APBD Kota Mataram, berjalan, Martawan menegaskan, tidak menjadi masalah. Toh, yang diperbaiki juga jalan yang ada di Kota Mataram. Kalau sudah dialokasikan dalam APBD perubahan jalan yang sama seperti yang diajukan pada PIP, maka nantinya kalau pinjaman itu cair, perbaikan jalan bersangkutan tidak lagi menjadi bagian dari jalan yang akan dibiayai perbaikannya dengan dana pinjaman dari PIP.

‘’Jadi, ndak ada masalah itu. Artinya, kalau seharusnya kita pinjam Rp 60 miliar, mungkin cukup kita pinjam Rp 40 miliar,’’ terangnya. Martawang mengklaim bahwa upaya yang dilakukan pihaknya demi supaya pinjaman itu bisa cair, sudah sangat maksimal. Ia menegaskan, posisi Kota Mataram sama dengan posisi KSB (Kabupaten Sumbawa Barat) dan Pemprov NTB. Karena ranah setuju atau tidaknya terhadap pinjaman yang diajukan Pemkot Mataram dan daerah-daerah lainnya, ada di PIP, maka pihaknyapun tidak bisa melakukan intervensi.

Diberitakan sebelumnya, Pemkot Mataram mulai pesimis untuk mendapatkan pinjaman dari PIP sebesar Rp 60 miliar. Pasalnya hingga saat ini belum ada kejelasan dari PIP apakah usulan pinjaman tersebut disetujui atau tidak pascapelaksanaan survai yang dilakukan tim PIP beberapa waktu lalu.
Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Mataram, Ir. H. Mahmuddin Tura menyampaikan jika melihat kondisi saat ini, kemungkinan besar pinjaman tersebut tidak akan terealisasi. Pihaknya juga disampaikan Mahmuddin setiap saat berupaya melakukan komunikasi dengan pihak PIP. Tapi pihaknya memperoleh jawaban yang tidak jelas. Pinjaman yang diajukan Pemkot Mataram senilai Rp 60 miliar ke PIP mulanya dihajatkan untuk pembiayaan perbaikan sekitar 165 ruas jalan di Kota Mataram. (fit)

Comments

Popular Posts