Anggarkan Rp 50 Miliar untuk Jalan Lingkungan di APBD 2015



Walikota Dinilai Terlalu Terburu-buru


Mataram (Suara NTB)
Kebijakan Walikota Mataram H. Ahyar Abduh yang akan menganggarkan Rp 50 miliar untuk perbaikan jalan lingkungan melalui apbd Kota Mataram tahun anggaran 2015, dinilai sebagai langkah yang terburu-buru. ‘’Kalau Rp 50 miliar full dianggarkan dalam APBD 2015, kegiatan yang lain bagaimana,’’ tanya anggota DPRD Kota Mataram I Wayan Sugiartha.

Berbicara kepada Suara NTB di Hotel Grand Legi Mataram, Wayan mengatakan kenaikan PAD (Pendapatan Asli Daerah) Kota Mataram tidak sebanding dengan keinginan Walikota menganggarkan Rp 50 miliar untuk perbaikan jalan lingkungan. ‘’Jangan terburu-burulah,’’ cetusnya mengingatkan. Rencana menganggarkan Rp 50 miliar dalam APBD Kota Mataram tahun anggaran 2015, lanjutnya, harus dipikirkan matang-matang.

‘’Seandainya jadi kenaikan bbm, juga harus diantisipasi. Karena banyak sektor yang akan terpengaruh,’’ terang Wayan Sugiartha. Menurut Politisi PDI Perjuangan ini, keinginan boleh-boleh saja, tetapi Pemkot Mataram juga harus melihat kondisi di lapangan. ‘’Kita kan ini belum melihat bagaimana kondisi ke depan. Kalau keinginan kita semua sama, supaya jalan lingkungan ini baik semua,’’ pungkasnya.

Wayan melihat rencana Walikota yang ingin menganggarkan Rp 50 miliar untuk perbaikan jalan lingkungan yang rusak, bisa mengancam program lainnya yang juga tidak kalah pentingnya. ‘’Belum masalah sampah, penerangan jalan dan yang lainnya,’’ cetusnya. Kalau hal itu nekat dilaksanakan oleh Pemkot Mataram, ia khawatir SKPD lain tidak akan dapat anggaran.

‘’Jangan sampai anggaran numpuk di satu SKPD saja. Ini harus dipikirkan. Masak mau nganggur satu tahun,’’ ujarnya. Menyikapi hal ini, menurut Wayan Sugiartha Fraksi PDI Perjuangan akan melihat dan mempelajarinya terlebih dahulu.

Seperti diketahui, Walikota Mataram yang dikonfirmasi Suara NTB, membenarkan pihaknya akan menganggarkan perbaikan jalan lingkungan melalui APBD. Bahkan, langkah ini sudah dimulai dengan menganggarkan Rp 10 miliar dalam perubahan APBD Kota Mataram tahun anggaran 2014. Memang, kata Ahyar, pendapatan asli daerah naik cukup besar. Sehingga, perbaikan jalan lingkungan menjadi salah satu prioritas. Bisa jadi yang dianggarkan dalam APBD murni 2015 tidak hanya Rp 50 miliar. ‘’Mungkin juga lebih,’’ cetus Walikota. (fit)

Comments

Popular Posts