Atasi kekumuhan



Tiga Pasar akan Direnovasi


Mataram (Suara NTB) -
Sedikitnya tiga pasar tradisional di Kota Mataram akan direnovasi guna mengatasi kekumuhan. Tiga pasar tersebut masing-masing pasar Kebon Roek, Ampenan, Pasar Pagesangan Dan Pasar Dasan Agung.

Kepala Dinas Koperindag Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Kota Mataram, Wartan, SH., kepada Suara NTB mengatakan, renovasi tiga pasar itu telah dianggarkan melalui perubahan APBD Kota Mataram tahun anggaran 2014. Selain merenovasi bagian atap dari tiga pasar tersebut, langkah itu juga diharapkan mampu mengatasi kekumuhan.

‘’Termasuk untuk mengurangi kekumuhan. Itu kan aksesoris,’’ sebutnya. Keberadaan aksessoris untuk mempercantik tampilan ketiga pasar tersebut. Renovasi dilakukan pada bagian atap. Anggaran yang disiapkan untuk renovasi itu sekitar 100 juta.

Pada bagian lain, untuk pasar yang dibangun bertingkat, hampir rata-rata pada lantai II kurang termanfaatkan. ‘’Misalnya pedagang tidak mau naik, itu sudah bukan rahasia umum lagi,’’ ujarnya. Kendati demikian, pihaknya tetap berupaya untuk bagaimana lantai II pada sejumlah pasar tradisional termanfaatkan kembali. ‘’Ini akan kita coba pelan-pelan,’’ imbuhnya.

Saat ini pihaknya tengah mencari formulasi baru supaya pedagang bersedia naik dan berjualan di lantai II. ‘’Iya, kita tetap upayakan tapi tidak ada yang mau,’’ kata Wartan. Untuk itu pihaknya saat ini sedang mengidentifikasi jenis usaha apa yang bersedia memanfaatkan lantai II. ‘’Kalau pedagang kita minta, mereka tidak mau, dari dulu itu,’’ pungkasnya.

Sejauh ini, dari sejumlah pasar yang dibangun Pemkot Mataram berlantai II, hanya Pasar Dasan Agung yang lantai II nya termanfaatkan dengan baik. (fit)

Comments

Popular Posts