Batal Pinjam di PIP



Perbaikan Jalan Lingkungan Dianggarkan dalam APBD 2015


Mataram (Suara NTB) -
Batalnya pinjaman daerah di PIP (Pusat Investasi Pemerintah) Rp 60 miliar untuk perbaikan jalan lingkungan yang rusak di Kota Mataram, rupanya tidak membuat Pemkot Mataram patah arang. Opsi meminjam di Bank NTB yang pernah dilontarkan Walikota saat rapat paripurna beberapa waktu lalu, tak lagi berlaku.

Pemkot Mataram menempuh langkah cukup berani dengan menganggarkannya dalam apbd Kota Mataram. Walikota Mataram yang dikonfirmasi Suara NTB, membenarkan pihaknya akan menganggarkan perbaikan jalan lingkungan melalui APBD. Bahkan, langkah ini sudah dimulai dengan menganggarkan Rp 10 miliar dalam perubahan APBD Kota Mataram tahun anggaran 2014. ‘’Tapi tentu kan tidak bisa semua, jadi kita bertahap,’’ tuturnya.

Kabarnya sisanya Rp 50 miliar akan dianggarkan melalui APBD Kota Mataram 2015. ‘’Insya Allah ya, nanti akan kita lihat tentu. Saya tidak mengatakan Rp 50 miliar, tapi kita akan lihat kemampuan itu,’’ imbuh Ahyar. Karena, lanjutnya, Pemkot Mataram ingin melihat sebagian besar jalan lingkungan yang megalami kerusakan, bisa diselesaikan.

Dikatakan Walikota, dari total panjang jalan lingkungan di Kota Mataram, sekitar 25 persen dalam kondisi rusak. ‘’Itu butuh dana cukup besar,’’ cetusnya. Namun demikian, orang nomor satu di Kota Mataram ini optimis jalan lingkungan yang selama ini kerap menjadi keluhan masyarakat bisa diselesaikan di tahun 2015 mendatang.

Mengenai nilai yang bakal dianggarkan dalam APBD murni 2015, Walikota menyatakan, pihaknya akan menghitung kembali berapa kebutuhan untuk perbaikan jalan lingkungan tersebut. ‘’Kita akan hitung kebutuhannya berapa dan kemampuan kita berapa,’’ demikian Walikota. Memang, kata Ahyar, pendapatan asli daerah naik cukup besar. Sehingga, perbaikan jalan lingkungan menjadi salah satu prioritas.

Bisa jadi yang dianggarkan dalam APBD murni 2015 tidak hanya Rp 50 miliar. ‘’Mungkin juga lebih,’’ cetus Walikota. Dengan telah dianggarkannya perbaikan jalan lingkungan dalam perubahan APBD 2014 dan APBD murni 2015, Walikota menegaskan, Pemkot Mataram tidak lagi berharap pada pinjaman daerah di PIP. ‘’Ya kalau dia datang nanti kita lihat tapi kita tidak terlalu berharap,’’ tandasnya. (fit)

Comments

Popular Posts