Bisa Jadi Contoh bagi Kecamatan Lain



RENCANA membuat wadah bagi PKL zona merah mendapat apresiasi positif dari kalangan DPRD Kota Mataram. Bahkan Ketua Komisi II DPRD Kota Mataram, Drs. HM. Zaini menilai rencana membuat pasar malam bagi PKL yang selama ini berjualan di zona terlarang, cukup bagus. ''Karena kan penataan PKL ini makin lama makin berat. Jangan setelah permanen lapak itu, baru ditertibkan,'' ucapnya.

Menurut dia, penertiban PKL zona merah dengan membuatkan wadah pasar malam dianggap sebagai inovasi yang cukup baik dalam penanganan PKL. Pasar malam yang digagas Camat Cakranegara ini, kata Zaini, bisa saja menjadi pilot project. Kalau berhasil, tentu bisa menjadi contoh bagi lima kecamatan lainnya di Kota Mataram.

Menurut Ketua Fraksi Partai Demokrat ini penertiban PKL zona merah harus dilakukan secara menyeluruh. Karena seperti diketahui, menjamurnya PKL di Mataram bahkan tidak sedikit merampas hak publik. Zaini mencontohkan di sepanjang Jalan Panca Usaha, Cakranegara yang sebetulnya merupakan zona merah, justru dipenuhi PKL.

Ironisnya, tidak sedikit pula PKL yang berjualan di atas trotoar yang dihajatkan untuk para pejalan kaki. ‘’Makanya ada beberapa titik yang menjadi jantung kota, harus disterilkan dari PKL. Jangan nanti semakin lama malah semakin banyak,’’ pintanya. Dalam penertiban PKL zona merah nantinya jangan sampai ada PKL yang luput dari penertiban untuk menghindari kesan pilih kasih.

Zaini menegaskan penertiban PKL di Kota Mataram membutuhkan kesungguhan dari semua pihak. ‘’Jangan setengah-setengah karena tantangan dalam penertiban PKL ini memang cukup berat,’’ imbuhnya. PKL zona merah yang direlokasi ke pasar malam nantinya diharapkan tidak kembali berjualan di lokasi awal. Demikian pula PKL lainnya diharapkan tidak mengikuti jejak PKL zona merah yang berjualan di lokasi yang dilarang. (fit)

Comments

Popular Posts