Lakukan Pembinaan



SEKRETARIS Komisi IV DPRD Kota Mataram, I Nyoman Yogantara mengaku prihatin terhadap mencuatnya kasus dua pelajar di Mataram yang terindikasi positif menggunakan narkoba. ditemui Suara NTB di ruang kerjanya, Rabu (29/10), ia mengatakan, pelajar yang terindikasi menggunakan narkoba jangan buru-buru dihadapkan pada proses hukum. Baik pihak sekolah maupun BBN Kota Mataram harus mengedepankan pembinaan.

Siswa yang terindikasi menggunakan narkoba, perlu ditangani secara khusus untuk melepaskannya dari pengaruh barang haram tersebut. Menurut Yoga, pembinaan moral melalui program imtaq tidaklah cukup untuk menyadarkan siswa yang sudah terlanjur menggunakan narkoba.

Karenanya, sambung politisi PDI Perjuangan ini, harus ada langkah konkret dari BNN Kota Mataram. Artinya, dengan adanya siswa yang terindikasi positif menggunakan narkoba, BNN diharapkan melakukan tes urine di sekolah-sekolah. ‘’Yang terindikasi supaya bisa cepat dihebab atau ditangani,’’ ujarnya.

Menurut Yoga, kalau sudah ada indikasi siswa menggunakan narkoba, jangan dibiarkan. Sebab, kalau dibiarkan tanpa penanganan yang jelas, dikhawatirkan akan terjadi ketergantungan yang bisa mempengaruhi siswa lainnya. Ia menilai, siswa yang sudah terindikasi menggunakan narkoba, kurang penanganan.

Kalau masih bisa dikendalikan seperti kata kepala Dinas Dikpora Kota Mataram, justru yang seperti itu harus cepat ditangani. ‘’Masalahnya ini narkoba. Narkoba ini akan merusak generasi kita,’’ cetusnya. Untuk memproteksi siswa, pihak sekolah dan BNN Kota Mataram diharapkan menjalin koordinasi yang intens. Selanjutnya pihak BNN diminta melakukan sosialisasi bahaya narkoba di sekolah-sekolah.

Tidak hanya bahaya dari segi kesehatan, ancaman hukuman juga harus diberitahukan kepada para siswa. Dengan informasi tersebut diharapkan akan membuat para siswa berpikir ulang untuk mencoba narkoba. ‘’Apalagi yang namanya siswa sma, ini jiwanya masih labil,’’ imbuhnya.

Oleh karena itu, dalam hal ini dibutuhkan peran aktif pihak sekolah. ‘’Sebab kalau sifatnya kasus pasti akan ditangani oleh aparat hukum. Tetapi kalau dari awal ditangani BNN, sifatnya pembinaan,’’ katanya. Ia mengajak semua pihak untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap peredaran narkoba, terutama dikalangan siswa. (fit)

Comments

Popular Posts