Anggaran Pilkada Dipangkas



KPU Pegang Komitmen Pemkot dan Dewan

Mataram (Suara NTB) –
KPU Kota Mataram nampaknya cukup legowo menerima kenyataan dipangkasnya anggaran Pilkada Kota Mataram 2015. Ketua KPU Kota Mataram, HM. Ainul Asikin kepada Suara NTB di Mataram, Rabu (26/11) belum mendapat informasi resmi dari Pemkot Mataram terkait pemangkasan anggaran itu.

‘’Kita (KPU, red) belum mendapat informasi resmi, baru sebatas kita baca dikoran,’’ akunya. Namun demikian, Asikin mengatakan pihaknya tidak akan kecewa terhadap pengurangan anggaran Pilkada itu. Yang penting Pemkot Mataram dan juga Dewan siap menganggarkan kekurangannya nanti pada APBD perubahan Kota Mataram 2015. KPU, lanjut mantan Kepala Bappeda Kota Mataram ini tetap memegang komitmen Pemkot Mataram dan Dewan untuk menganggarkan kebutuhan Pilkada 2015.

Asikin menyebutkan, untuk Pilkada 2015 pada putaran I dibutuhkan angggaran sekitar Rp 15 miliar. Karenanya awal pengajuan anggaran, KPU minta anggaran Pilkada sebesar Rp 21 miliar dengan rincian dua kali putaran. Namun oleh Pemkot Mataram dengan melihat anggaran yang terpakai pada Pilkada Kota mataram 2010, permintaan KPU Kota Mataram dikabulkan Rp 18 miliar.

Saat rapat gabungan komisi DPRD Kota Mataram dengan TAPD Kota Mataram, sepakat menganggarkan Pilkada Kota Mataram, sementara untuk satu putaran. Sejumlah anggota Dewan memandang, anggaran untuk putaran II sebaiknya dilakukan pada saat perubahan APBD Kota Mataram atau bahkan APBD murni 2016. Toh, untuk putaran II belum pasti ada. Sehingga selisih anggaran yang sedianya dianggarkan untuk KPU, bisa dimanfataankan untuk kepentingan yang lain. (fit)

Comments

Popular Posts