Elpiji 3 Kilogram Masih Mahal



Mataram (Suara NTB) –
Setelah dilakukannya operasi pasar sekitar sepekan lamanya, ketersediaan elpiji 3 kilogram di tingkat pangkalan di Kota Mataram, berangsur normal. Sayangnya, ketersediaan tabung melon ini, tidak dibarengi dengan harga yang wajar. Rata-rata pangkalan masih menjual elpiji 3 kilogram di atas HET (Harga Eceran Tertinggi) Rp 14.750.

Pantauan Suara NTB, elpiji di tingkat pengecer masih dijual bervariasi antara Rp 18 – 20 ribu per tabung. Bahkan beberapa pengecer masih menjual dengan harga Rp 25 ribu per tabung. Para pengecer beralasan, mereka tak mampu menjual elpiji sesuai HET lantaran harus mengeluarkan ongkos angkut yang dihitung per tabung.

‘’Saya minta Hiswana Migas turun ke lapangan, memantau pangkalan-pangkalan ini,’’ kata Sekretaris Komisi II DPRD Kota Mataram, Drs. HM. Noer. H. Ibrahim kepada Suara NTB via ponsel, Kamis (29/1). Menurutnya, kalau memang kendala pangkalan terpaksa menjual Rp 18 ribu per tabung lantaran ongkos angkut, Noer Ibrahim mengaku pihaknya dapat memahami hal ini. Bahkan, meskipun harga Rp 18 ribu jauh di atas HET, politisi Partai Golkar ini menyebut itu harga yang wajar.

Sebelumnya, anggota fraksi PDI perjuangan DPRD Kota Mataram, I Wayan Wardana, SH., menyampaikan masalah kelangkaan elpiji perlu disikapi serius oleh Walikota Mataram. Kelangkaan elpiji, lanjutnya, tidak terlepas dari lemahnya pengawasan yang dilakukan oleh pemerintah daerah terhadap agen-agen penyalur elpiji di dalam melakukan pendistribusian.

Wayan Wardana yang juga anggota Komisi II DPRD Kota Mataram, menilai operasi pasar yang dilakukan oleh pemerintah daerah, kurang efektif dan bukan solusi jangka panjang dalam mengatasi kelangkaan elpiji 3 kilogram. Untuk itu, perlu adanya validasi data pengguna elpiji 3 kilogram dari Dinas Koperindag Kota Mataram bekerjasama dengan pihak kelurahan.

Data pengguna elpiji itu harus disesuaikan dengan kuota elpiji 3 kilogram untuk Kota Mataram. untuk itu, perlu diupayakan agar rantai distribusi bisa dikurangi sehingga masyarakat dapat membeli elpiji 3 kilogram dengan HET. (fit)

Comments

Popular Posts