Pengelolaan Parkir 2015



UPTD Parkir Dipisah, Mandor Parkir Diklaim Berhasil


Mataram (Suara NTB) –
Tidak tercapainya target retribusi parkir tepi jalan umum dan sejumlah catatan Dewan terhadap kinerja Dishubkominfo, membuat Dinas pimpinan Drs. H. Khalid ini, melakukan berbagai langkah menjawab kelemahan tersebut.

Ditemui Suara NTB di Kantor Walikota Mataram, Rabu (28/1) Khalid membeberkan langkah-langkah yang telah dilakukan untuk menggenjot penerimaan daerah dari retribusi parkir tepi jalan umum. Langkah ini sudah mulai dirintisnya sejak tahun 2014 lalu. Yakni membentuk mandor parkir di tiap kecamatan di Kota Mataram. Tahun ini, tepatnya awal Januari, pihaknya telah mengambil langkah memisahkan bangunan Kantor UPTD (Unit Pelaksana Teknis Daerah) dengan Dishubkominfo Kota Mataram.

‘’UPTD Parkir sekarang kantornya di Turida, terpisah dengan kantor induk. Kalau masih di kantor induk, UPTD parkir ini sangat bergantung pada kepala dinas,’’ terangnya. Dengan dipisahnya UPTD Parkir dengan kantor induk diharapkan kinerjanya lebih maksimal. Khalid mengaku tidak khawatir kesulitan mengawasi penerimaan parkir. ‘’kan sudah ada sistemnya, 1x24 wajib setor. Retribusi parkir tidak boleh diinapkan. Kalau terlambat setor, kita jemput,’’ tegasnya.

Dari sejumlah retribusi yang dikelola Dishubkominfo, aku Khalid, hanya retribusi parkir tepi jalan umum yang masih menjadi ganjalan. Namun demikian, ia mengklaim, sudah ada peningkatan signifikan terhadap pengelolaan parkir tepi jalan umum.

Ia mencontohkan, tahun 2013 capaian parkir tepi jalan umum hanya Rp 800 juta. Tahun 2014 meningkat menjadi Rp 1,1 miliar dari target Rp 1,3 miliar. Belum lagi retribusi di luar parkir tepi jalan umum, seperti retribusi tower dan pajak kendaraan bermotor serta retribusi terminal. Yang paling signifikan, sebut mantan Kepala Bakesbangpol Kota Mataram ini, adalah retrbusi tower.

Dari target Rp 500 juta dalam tahun 2014 lalu, capaiannya Rp 1,1 miliar. ‘’Pokoknya total keseluruhan capaian kita 98 persen. Kalau dulukan hanya 70 – 80 persen,’’ sebutnya. (fit)

Comments

Popular Posts