Pasar Dasan Agung Diusulkan Jadi Percontohan Pasar Syariah

Mataram (Suara NTB) -
Pasar Dasan Agung dinilai sebagai pasar paling tertib di Mataram. Bahkan karena lokasinya yang berdekatan dengan Islamic Center, Pasar Dasan Agung, akan diusulkan menjadi percontohan pasar syariah. ‘’Pasar syariah lebih menonjolkan semua yang berbau syariah. Mulai dari akad jual belinya, busananya dan seterusnya,’’ terang Ketua Komisi II DPRD Kota Mataram, Drs. HM. Zaini.

Kalau percontohan pasar syariah ini berhasil, demikian Zaini, bukan tidak mungkin bisa dikembangkan di pasar-pasar lainnya di Mataram. Sebab, pengelolaan pasar tradisional di Kota Mataram masih bermasalah bahkan amburadul.

''Banyak kepentingan di situ,'' cetusnya menjawab Suara NTB. Mulai dari pedagang yang berjualan di pasar tradisional di Mataram belum tentu orang dari Kota Mataram. Justru banyak pedagang yang berjualan di pasar tradisional yang ada di Mataram, justru orang dari luar Kota Mataram. Belum lagi kesemrawutan yang tercipta akibat bergabungnya aktivitas pasar dan parkir di satu tempat.


Seperti di Pasar Kebon Roek Ampenan yang pedagangnya banyak berjualan di lahan parkir. Mangkraknya pasar dengan model bertingkat harus dikaji. ‘’Apakah memang karakteristik pasar itu berbeda-beda,’’ ujarnya. Yang paling mengetahui hal ini, kata Zaini, tentu para pengelola pasar. Adapun pasar tradisional dengan model bertingkat dan tidak termanfaatkan maksimal pada lantai dua, yakni Pasar Kebon Roek, Pasar Dasan Agung dan Pasar ACC. (fit)

Comments

Popular Posts