Visi Belum Tercapai

WAKIL Ketua Pansus LKPJ DPRD Kota Mataram, TGH. Mujiburrahman menyoroti masalah sampah yang belum tuntas sampai saat ini. Belum beresnya persoalan sampah, katanya, dalam rapat kerja Pansus LKPJ dengan sejumlah SKPD di DPRD Kota Mataram, Rabu (22/4) mengindikasikan bahwa visi Kota Mataram, khususnya religius, belum terwujud.

Menurutnya, kebersihan sangat berkaitan erat dengan visi religius. Karena dalam Al-quran pun, katanya disebutkan dengan jelas bahwa kebersihan itu sebagian dari iman. Sementara, masih banyak titik di Kota Mataram yang masih dipenuhi sampah. Ia mencontohkan tumpukan sampah di Jalan Panjitilar yang tidak kunjung diangkut petugas.

Sebenarnya, lanjut Mujiburrahman, lahan tempat masyarakat membuang sampah bukanlah TPS. Karena melihat lahan kosong, warga pun membuang sampah di sana. ‘’Awalnya dibungkus kresek, tetapi lambat laun, karena ada binatang dan sebagainya, sampah itu menjadi berserakan,’’ terangnya. Persoalan ini, pintanya, harus menjadi perhatian serius Dinas Kebersihan.

Sebab, untuk menempatkan kontainer sampah, Dinas Kebersihan harus mencari tempat yang tidak mengganggu semua pihak. Sebab selama ini, banyak masyarakat menolak ditempatkan kontainer sampah di sekitar tempat tinggalnya dengan alasan bau. Pada bagian lain Mujiburrahman mengatakan, mestinya harus ada dukungan anggaran terhadap Dinas Kebersihan. Sehingga, Dinas Kebersihan mampu melaksanakan tugasnya secara maksimal.

Sampai saat ini persoalan minimnya armada angkutan sampah menjadi salah satu masalah besar yang masih dihadapi Dinas Kebersihan Kota Mataram (fit)


Comments

Popular Posts