Perlu Akurasi Perencanaan

PEMBAHASAN KUA PPAS APBD Perubahan, Rabu (27/5) mendulang banyak saran dan masukan dari anggota Badan Anggaran DPRD Kota Mataram. Salah satunya I Wayan Wardana, SH. Anggota Banggar dari Fraksi PDI P DPRD Kota Mataram ini menekankan perlunya akurasi perencanaan bagi tiap-tiap SKPD. Sebab menurut dia, banyak perencanaan dari SKPD berujung Silpa (Sisa Lebih Perhitungan Anggaran).

Kalau Silpa yang timbul akibat efisiensi anggaran, kata Wayan Wardana, tidak menjadi persoalan. Tetapi selama ini, munculnya Silpa lebih sering akibat program yang tidak bisa dieksekusi oleh SKPD. ‘’Tidak dieksekusi akhirnya terjadilah Silpa,’’ cetusnya. Fenomena Silpa ini harus dievaluasi. ‘’Ada apa dengan sistem perencanaannya. Anggarannya sudah ada itu, kita tinggal mengeksekusi, kok ndak bisa,’’ katanya.

Dalam hal ini dibutuhkan program yang tingkat akurasinya tinggi. Sehingga ketika diajukan, Dewan tidak lagi bertanya ini dan itu. Kalau hanya menumpuk-numpuk Silpa, sama artinya SKPD tidak bekerja. Dengan kata lain, SKPD hanya merencanakan tanpa memikirkan bagaimana eksekusinya nanti. ‘’Kita tidak ingin seperti itu,’’ demikian Wayan Wardana.

Karena bagaimanapun, anggaran yang digunakan untuk membiayai program SKPD bersumber dari uang rakyat. Mestinya SKPD membuat perencanaan akurat yang dibarengi dengan komitmen untuk mengeksekusi program tersebut. Ketidakakuratan program yang menimbulkan Silpa harus menjadi dasar bagi kepala daerah untuk memberlakukan reward and punishment bagi SKPD bersangkutan.

Ketika SKPD bertahun-tahun tetap menghasilkan Silpa, Walikota perlu memberikan punishment terhadap SKPD itu. ‘’Bisa diberikan surat teguran, selanjutnya yang lebih keras lagi terserah Walikota,’’ pungkasnya. Dewan, sambung anggota Komisi II ini, mendorong pemberlakuan reward and punishment terhadap SKPD penghasil Silpa. Sehingga ini tidak menjadi preseden buruk bagi SKPD lainnya.


Selama ini, reward and punishment tidak berlaku di Kota Mataram. SKPD yang bekerja tanpa Silpa dengan SKPD yang selalu menghasilkan Silpa, mendapat perlakuan sama. (fit)

Comments

Popular Posts