Belum Ada Pengaduan

Hj. Kartini Irwarni, SPd
PELAYANAN perizinan di Kota Mataram dinilai sudah berjalan sesuai mekanisme yang berlaku dan sejauh ini belum ada persoalan prinsip terhadap masalah perizinan. Penilaian ini disampaikan oleh Sekretaris Komisi I DPRD Kota Mataram, Hj. Kartini Irwarni, SPd., menjawab Suara NTB di kantornya. Penilaian ini disampaikan setelah Komisi I DPRD Kota Mataram melakukan kunjungan ke BPMP2T (Badan Penanaman Modal Pelayanan Perizinan Terpadu) Kota Mataram baru-baru ini.

BPMP2T, ujar Kartini, dalam memproses perizinan yang diajukan oleh masyarakat, tentu mengacu kepada kelengkapan persyaratan yang dimiliki pemohon izin saat itu. ‘’Jadi kalau persyaratan sudah sesuai semua, dia (BPMP2T, red) keluarkan izinnya,’’ ucapnya. Hanya saja, pengaduan yang sempat diterima Komisi I DPRD Kota Mataram, setelah dilakukan pengecekan ke lapangan, BPMP2T sudah melakukan sosialisasi.

‘’Cuma yang ada pengaduan ini, kata Pak Lurah di luar dari radius tower,’’ imbuhnya. Namun demikian, Komisi I tetap memfasilitasi agar mempertemukan masyarakat yang mengadu dengan pihak kelurahan melalui kecamatan. Politisi PKB ini mengaku, perizinan di Kota Mataram cenderung lancar. Indikasinya adalah minimnya pengaduan masyarakat terkait kualitas pelayanan perizinan di Kota Mataram.

‘’Ya pengaduannya baru ini saja,’’ cetus Kartini. Untuk menakar seperti apa kualitas pelayanan perizinan di Kota Mataram, menurut Kartini, sepanjang BPMP2T sudah menjalankan tugas-tugasnya dengan baik, maka pelayanan di BPMP2T dianggap sudah berkualitas. Sementara itu, terkait informasi yang diterima dari masyarakat mengenai rencana pembangunan PLTG (Pembangkit Listrik Tenaga Gas) di Tanjung Karang, Kartini menyebut BPMP2T belum mengeluarkan izin untuk PLTG yang belakangan cukup kontroversial itu.

‘’Sempat kita tanyakan itu karena ada pengaduan ke Komisi, tapi saya tanya juga ke BPMP2T katanya belum ada,’’ pungkasnya. Mengenai standar pelayanan dari segi waktu, lanjutnya, memang sudah diatur oleh BPMP2T. Yang jelas, sepanjang tidak ada pengaduan ke Dewan mengenai pelayanan perizinan, bisa dikatakan pelayanan di BPMP2T cukup bagus. (fit)



Comments

Popular Posts