Belum Ada Pengaduan
Hj. Kartini Irwarni, SPd |
PELAYANAN
perizinan di Kota Mataram dinilai sudah berjalan sesuai mekanisme yang berlaku
dan sejauh ini belum ada persoalan prinsip terhadap masalah perizinan.
Penilaian ini disampaikan oleh Sekretaris Komisi I DPRD Kota Mataram, Hj. Kartini
Irwarni, SPd., menjawab Suara NTB di
kantornya. Penilaian ini disampaikan setelah Komisi I DPRD Kota Mataram
melakukan kunjungan ke BPMP2T (Badan Penanaman Modal Pelayanan Perizinan
Terpadu) Kota Mataram baru-baru ini.
BPMP2T,
ujar Kartini, dalam memproses perizinan yang diajukan oleh masyarakat, tentu
mengacu kepada kelengkapan persyaratan yang dimiliki pemohon izin saat itu. ‘’Jadi
kalau persyaratan sudah sesuai semua, dia (BPMP2T, red) keluarkan izinnya,’’
ucapnya. Hanya saja, pengaduan yang sempat diterima Komisi I DPRD Kota Mataram,
setelah dilakukan pengecekan ke lapangan, BPMP2T sudah melakukan sosialisasi.
‘’Cuma
yang ada pengaduan ini, kata Pak Lurah di luar dari radius tower,’’ imbuhnya.
Namun demikian, Komisi I tetap memfasilitasi agar mempertemukan masyarakat yang
mengadu dengan pihak kelurahan melalui kecamatan. Politisi PKB ini mengaku,
perizinan di Kota Mataram cenderung lancar. Indikasinya adalah minimnya
pengaduan masyarakat terkait kualitas pelayanan perizinan di Kota Mataram.
‘’Ya
pengaduannya baru ini saja,’’ cetus Kartini. Untuk menakar seperti apa kualitas
pelayanan perizinan di Kota Mataram, menurut Kartini, sepanjang BPMP2T sudah
menjalankan tugas-tugasnya dengan baik, maka pelayanan di BPMP2T dianggap sudah
berkualitas. Sementara itu, terkait informasi yang diterima dari masyarakat mengenai
rencana pembangunan PLTG (Pembangkit Listrik Tenaga Gas) di Tanjung Karang, Kartini
menyebut BPMP2T belum mengeluarkan izin untuk PLTG yang belakangan cukup kontroversial
itu.
‘’Sempat
kita tanyakan itu karena ada pengaduan ke Komisi, tapi saya tanya juga ke
BPMP2T katanya belum ada,’’ pungkasnya. Mengenai standar pelayanan dari segi
waktu, lanjutnya, memang sudah diatur oleh BPMP2T. Yang jelas, sepanjang tidak
ada pengaduan ke Dewan mengenai pelayanan perizinan, bisa dikatakan pelayanan
di BPMP2T cukup bagus. (fit)
Comments