Harus Maksimal Lakukan Pengawasan

Drs. HM. Husni Thamrin, MPd
KETUA Fraksi PPP DPRD Kota Mataram, Drs. HM. Husni Thamrin, MPd., menyesalkan pasifnya aparat Satpol PP Kota Mataram dalam mengawal edaran Walikota Mataram terkait imbauan agar warung atau rumah makan tidak berjualan di siang hari.

‘’Kita minta Pol PP tetap melaksanakan penertiban terhadap rumah makan yang berjualan di siang hari,’’ katanya. Tindak lanjut dari edaran Walikota Mataram itu harusnya dilaksanakan dalam bentuk eksekusi di lapangan. Walaupun misalnya Satpol PP Kota Mataram beralasan minimnya kegiatan razia maupun patrol lantaran keterbatasan personel maupun fasilitas pendukung, namun mengawal edaran Walikota Mataram merupakan kewajiban.

‘’Kewajiban Pol PP untuk menertibkan, jadi ke depan harus dianggarkan,’’ imbuhnya. Jangan sampai wibawa bulan ramadhan ini dikotori oleh ulah beberapa pedagang yang  berjualan di siang hari. Satpol PP, lanjut Husni harus melakukan berbagai upaya untuk memberi penyadaran kepada pedagang. Mulai dari pendekatan persuasif hingga tindakan tegas.

Kondisi yang seolah menjadi tradisi setiap bulan ramadhan, mestinya diatasi dengan regulasi. Husni berharap tahun ini Dewan bisa membuat regulasi soal bulan ramadhan. Sehingga Satpol PP dan aparat kepolisian bisa memberikan sanksi. Walaupun belum ada regulasi dalam bentuk Perda, namun dirinya tetap meminta aparat Satpol PP Kota Mataram menindaklanjuti edaran Walikota Mataram.

‘’Saya kira dengan kontinyuitas melakukan penyadaran kepada pedagang, mereka mudah-mudahan akan sadar. Kalau tidak, ya ditindak tegas,’’ ucapnya. Surat edaran yang diberikan kepada pemilik warung maupun rumah makan, jangan sekadar rutinitas tahunan yang dilepas begitu saja. Setelah diedarkan, seharusnya Satpol PP melakukan pemantauan di lapangan, apakah edaran itu sudah dilaksanakan atau justru sebaliknya.


‘’Jangan sampai edaran itu hanya menjadi kertas kosong,’’ tegasnya. Ujian wibawa Pemkot, lanjutnya, ada di surat edaran itu. Terkait warung makan yang berjualan di komunitas non muslim, kata Husni, harus tetap menghormati umat muslim yang berpuasa. Terkait tidak diperbolehkannya ormas melakukan penertiban rumah makan yang berjualan di siang hari saat ramadhan, harusnya pemerintah harus maksimal untuk melakukan pengawasan. ‘’Kalau tidak maksimal, buat apa. Seharusnya dia (pemerintah, red) bersama-sama dengan ormas,’’ tandasnya. (fit)

Comments

Popular Posts