Jangan Berpihak

I Nyoman Yogantara
SEKRETARIS Komisi IV DPRD Kota Mataram, I Nyoman Yogantara menilai kunjungan Kepala Dinas Dikpora NTB dalam rangka safari ramadhan ke sekolah-sekolah di Kota Mataram, dinilai tidak ada yang terlalu menyolok.

''Pak kadis merasa ndak enak saja mungkin karena ketika dari provinsi turun, tidak ada komunikasi dari kepala-kepala sekolah,'' terangnya. Yoga menduga safari ramadhan Kadis Dikpora NTB ke sekolah-sekolah yang ada di Kota Mataram tidak terjadwal sehingga tidak ada komunikasi antara kepala-kepala sekolah dengan Kadispora Kota Mataram.

Menurut Yoga, kunjungan Kadispora NTB ke sekolah, sah-sah saja. Karena, kunjungan orang nomor satu di Dikpora NTB itu jelas kapasitasnya. Lagipula konteksnya adalah safari ramadhan, bukan kegiatan bernuansa politis. Politisi PDI Perjuangan ini menilai, langkah Kadispora Kota Mataram yang mengumpulkan kepala sekolah pascakegiatan safari ramadhan Kadispora NTB ke sekolah-sekolah merupakan kekhawatiran yang berlebihan.

‘’Saya rasa itu sah-sah saja, tidak ada nuansa politis,’’ cetusnya. Pasalnya, sekolah-sekolah di Kota Mataram sendiri akan segera menggelar PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru). Dan Dikpora Kora Mataram telah memutuskan untuk mengembalikan mekanisme PPDB ke sekolah-sekolah. Sehingga dipandang wajar kalau Kadispora NTB ingin melihat kesiapan sekolah-sekolah di Mataram dalam rangka PPDB itu.

‘’Tidak ada kok motifnya yang kampanye. Terkecuali kalau memang ada kampanye di sana ya harus ditegur karena itu jelas menyalahi aturan,’’ pungkasnya. Yoga berujar, semestinya Kadispora Kota Mataram tidak perlu khawatir yang berlebihan. Sikap yang ditunjukkan Kadispora Kota Mataram justru mengesankan keperpihakannya kepada bakal calon tertentu.


Justru, sebagai PNS, Kadispora Kota Mataram harusnya mampu menunjukkan sikap netral dan tidak memihak bakal calon manapun. Yoga menganggap safari ramadhan Kadispora NTB sebagai kegiatan positif bagi sekolah. ‘’Tidak ada berbau politik. Kalau memang dia (Kadispora NTB, red) mau kampanye di sekolah, kan jelas ada atribut yang dibawa seperti spanduk dan lain sebagainya,’’ terang Yoga. (fit)

Comments

Popular Posts