Terbukti Berhasil

IDE Penjabat Walikota Mataram membentuk Perusda (Perusahaan Daerah) untuk mengelola potensi retribusi parkir dan pasar tradisional diapresiasi Wakil Ketua DPRD Kota Mataram, I Wayan Sugiartha. ‘’Kalau memang dengan pembentukan Perusda Parkir dan Pasar akan mampu meningkatkan penghasilan bagi daerah, kenapa tidak,’’ ujarnya menjawab Suara NTB di DPRD Kota Mataram, Jumat (14/8).

Pengeloaan parkir dan pasar tradisional dengan pola Perusda diyakini akan lebih profesional dan menguntungkan karena model pengelolaannya sama seperti swasta. ‘’Karena secara kasat mata kita sudah tahu bersama, potensi Kota Mataram sagat besar tapi belum dikelola dengan maksimal,’’ demikian Wayan Sugiartha.

Menurut politisi PDI Perjuangan ini, banyak hal yang perlu dipersiapkan sebelum membentuk Perusda Pasar maupun parkir. Selain SDM yang dapat diandalkan, Pemkot Mataram dalam hal ini juga harus mempersiapkan perangkat pendukung dengan sistem online. Semua daerah, lanjutnya, sudah berupaya tidak lagi melakukan transaksi cash. ‘’Sejumlah daerah sudah online sehingga potensi kebocoran bisa ditekan,’’ katanya.

Menurut Wayan Sugiartha, selama ini potensi kebocoran retribusi parkir maupun retribusi pasar terjadi akibat transaksi yang masih bersifat konvensional atau cash money. Yang perlu dipikirkan dari pembentukan Perusda itu nantinya adalah gaji pegawai. Sebagai Perusda penghasil PAD, pegawai yang ditugaskan di Perusda nantinya perlu dipikirkan gaji yang memadai sebagai motivasi kerja mereka.

Kebijakan membentuk Perusda Pasar dan parkir ini, seyogiyanya mendapat dukungan dari semua elemen pegawai lingkup Pemkot Mataram. ‘’Itu sebuah keharusan,’’ cetusnya. Menurut Wayan Sugiartha, antara retribusi parkir dan pasar sebaiknya dibentuk Perusda sendiri-sendiri. ‘’Jangan digabung antara pasar dan parkir supaya hasilnya lebih jelas,’’ imbuhnya. Realisasi pembentukan Perusda Pasar dan Perusda Parkir tidak akan lama sepanjang seluruh jajaran Pemkot Mataram kompak melaksanakannya.

Yang harus dipersiapkan sekarang adalah regulasi. Rencana pembentukan Perusda Parkir dan Perusda Pasar ini harus dipaparkan terlebih dahulu di DPRD Kota Mataram. Ia yakin Dewan akan menyetujui rencana ini mengingat dari sejumlah daerah yang menjadi tujuan kunker Dewan, banyak yang telah menerapkan Perusda Pasar dan Perusda Parkir dan itu rata-rata terbukti berhasil. (fit)


Comments

Popular Posts