Bangun Pelabuhan Mini

ANGGOTA DPRD Kota mataram dari Dapil Ampenan, Fuad Sofian Bamasaq, SH., mengaku prihatin mendengar penilaian orang-orang mengenai Ampenan. Katanya, banyak orang menilai Ampenan kota mati. ‘’Menurut saya Ampenan itu tidak pernah mati. Justru Ampenan itu eksis sampai ke luar negeri,’’ ujarnya menjawab Suara NTB di Mataram, Sabtu (26/9).

Hanya saja perekonomian di Ampenan diakui masih lemah. ‘’Mengapa perekonomian di Ampenan ngadat, harapan kami Penjabat Walikota Mataram supaya Ampenan dibuatkan pelabuhan mini,’’ pintanya. Fuad menggambarkan mengapa pelabuhan mini itu penting dibangun di eks Pelabuhan Ampenan, tidak terlepas dari jejak sukses Kabupaten Lombok Barat dan Kabupan Lombok Utara yang telah lebih dulu memiliki pelabuhan.

‘’Mengapa Lombok Barat atau Lombok Utara itu bisa fast boat dari Bali transit di Bangsal terus bias langsung ke Gili Air. Kenapa tidak, dia itu bisa ke Kota Mataram dulu,’’ kata Fuad. Keberadaan pelabuhan mini ini nantinya diyakini mampu membangkatkan perekonomian masyarakat Ampenan. Pelabuhan mini ini tidak perlu mewah, cukup mencontoh Pelabuhan Bangsal atau yang ada di tiga gili.

Dengan mobilitas kunjungan via pelabuhan mini, menurut Fuad secara tidak langsung akan turut mendongkrak perekonomian masyarakat di sana. ‘’Supaya, setiap anomali masyarakat tidak diberikan raskin, mie 5 bungkus. Itu kan tidak mengubah sistem ekonomi karena sifatnya hanya sejenak,’’ terang Fuad. Lain halnya kalau Pemkot Mataram mau membangun pelabuhan mini, akan berdampak positif terhadap perekonomian masyarakat Ampenan.

Selain dampak ekonomi, dampak lainnya tentu akan berpengaruh secara psikis. ‘’Mental mereka juga akan berubah,’’ cetusnya. Daerah-daerah yang memiliki pelabuhan, baik pelabuhan regular maupun pelabuhan mini, tingkat ekonomi masyarakat sekitar menjadi lebih baik. Politisi PDIP ini menegaskan, pelabuhan mini sangat memungkinkan bisa dibangun di eks Pelabuhan Ampenan.


Ini merujuk pada sejarah Ampenan yang pernah berjaya dengan adanya Pelabuhan Ampenan di sana. Dengan berkembangnya pariwisata Kota Mataram, pihaknya kata Fuad siap membawa investor ke Mataram. Ia merasa iri dengan pesatnya perkembangan ekonomi di Cakranegara. Padahal dulu hal itu jusru terjadi di Ampenan. Untuk itu, ia mendorong Pemkot Mataram untuk merealisasikan pembangunan pelabuhan mini tersebut. (fit)

Comments

Popular Posts