Kebersihan Harus Diutamakan

MESKI telah disepakati bahwa kepala pasar tidak ansih berasal dari kalangan ASN (Aparatur Sipil Negara), namun ditekankan agar pasar tradisional selalu bersih sehingga nyaman untuk dikunjungi. ‘’Pasar baru bisa kelihatan bersih setelah masyarakat selesai melakukan transaksi jual beli,’’ kata Ketua Pansus Pasar DPRD Kota Mataram, Drs. HM. Noer Ibrahim menjawab Suara NTB di DPRD Kota Mataram.

Semua kepala pasar, aku Noer Ibrahim telah diingatkan agar apa yang menjadi keputusan Pansus dan Pemkot Mataram terkait pengelolaan pasar tradisional. Intinya kepala pasar harus professional, antisipasi dan kebersihan dan pelayanan harus diutamakan. ‘’Lagi beberapa hari mungkin kita akan turun,’’ janjinya.

Untuk mewujudkan kebersihan pasar, lanjut politisi Golkar ini, sangat memungkinkan kepala pasar berinovasi dengan melibatkan pihak ketiga. Karena bagaimanapun pihak ketiga diyakini lebih rajin dan lebih professional mengelola kebersihan pasar. Noer Ibrahim mencontohkan Pasar Pagesangan. ‘’Saya sudah turun ke sana dua kali, sangat bagus,’’ akunya.

Noer Ibrahim berpesan kepada pihak ketiga yang mengelola kebersihan Pasar Pagesangan untuk memperhatikan hasil rapat Pansus Pasar. ‘’Kalau masih mau mempertahankan jabatannyasebagai kepala pasar, ikuti aturan yang ada,’’ pintanya. Ia berharap kepala pasar tradisional lainnya mencontoh pengelolaan kebersihan Pasar Pagesangan.

Dimana saat ini Pasar Pagesangan menjadi pilot project pasar bersih. Dimana kebersihannya ditangani oleh pihak ketiga. Seperti diketahui, 14 September lalu, DPRD Kota Mataram telah menetapkan enam raperda menjadi Perda Kota Mataram. Salah satunya adalah Perda Kota Mataram tentang pasar rakyat, pusat perbelanjaan dan toko swalayan.

Adapun tujuan dibentuknya Perda pasar itu adalah untuk mewujudkan pasar yang bersih, aman, nyaman dan berkesinambungan. Meningkatkan peran pasar rakyat sebagai entitas ekonomi yang produktif, wahana interaksi social yang komunikatif dan sumber pendanaan yang efektif bagi terselenggaranya pelayanan publik di sektor perdagangan. (fit)


Comments

Popular Posts