Penyembelihan Dikawal Polisi

Berkurang Drastis, Hewan Kurban Sumbangan SKPD


Mataram (Suara NTB) –
Jumlah hewan kurban sumbangan SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) pada momentum Idul Adha tahun ini berkurang. Berkurangnya jumlah hewan kurban yang berhasil dihimpun oleh PHBI (Panitia Hari Besar Islam) Kota Mataram dari semua SKPD lingkup Pemkot Mataram tidak terlepas dari kebijakan Penjabat Walikota Mataram, Dra. Hj. Putu Selly Andayani, MSi yang tidak mengharuskan SKPD menyumbangkan hewan kurban pada momentum Idul Adha.

SKPD menyumbang hewan kurban berdasarkan keikhlasan. Hasilnya, hingga hari H Idul Adha, jumlah hewan kurban yang terkumpul 28 ekor. Terdiri dari 13 ekor sapi dan 15 ekor kambing. Jumlah ini jauh lebih sedikit dibandingkan tahun lalu. Dimana tahun lalu, jumlah hewan kurban yang terkumpul mencapai 60 ekor terdiri dari sapi dan kambing.

Pantauan Suara NTB di Kantor Walikota Mataram kemarin, usai melakukan salat Idul Adha di Halaman Kantor Gubernur NTB, Penjabat Walikota Mataram berikut jajaran SKPD lingkup Pemkot Mataram sarapan bersama lalu melakukan penyerahan hewan kurban. Penjabat Walikota Mataram dalam kesempatan itu, menyerahkan sumbangan satu ekor hewan kurban berupa sapi.

Selain Penjabat Walikota Mataram, 12 ekor sapi lainnya merupakan sumbangan dari Sekda Kota Mataram, Ir. HL. Makmur Said, MM., Dinas Kesehatan, Bappeda, Dispenda, Bank NTB, Baznas Kota Mataram, Dinas PU Kota Mataram, Dinas Pertamanan, BPMP2T, RSUD Kota Mataram dan PT. Varindo. Pola pendistribusian daging kurban tahun ini, kata Kabag Humas dan Protokoler Setda Kota Mataram, Lalu Alwan Basri, berbeda dari tahun lalu.

Disebutkan Alwan, ada empat ekor sapi dan satu ekor kambing yang disembelih di halaman Kantor Walikota Mataram. Daging kurban kemudian akan didistribusikan untuk 16 panti asuhan yang ada di Kota Mataram. ‘’Kita sudah sebar 350 kupon untuk panti asuhan,’’ akunya. Sisanya dibagikan untuk tiap-tiap kecamatan.


Tiap kecamatan diberikan satu ekor sapi dan satu ekor kambing. Mengenai pendistribusian ke masyarakat diserahkan kepada pihak kecamatan. Meskipun pembagian daging kurban tidak lagi seperti tahun lalu, namun pengamanan yang terlihat justru lebih ketat. Tidak hanya Satpol PP, puluhan aparat polisi terlihat berjaga-jaga di sekitar halaman Kantor Walikota Mataram. ‘’Kita antisipasi supaya tidak seperti tahun lalu,’’ imbuh Alwan. (fit)

Comments

Popular Posts