Cek Izin Kafe

TERTANGKAPNYA sejumlah wanita diduga PS (Partner Song) di beberapa kafe di Kota Mataram, membuat Dewan terkejut. Pasalnya, antara izin restoran dengan izin karaoke di Kota Mataram diberlakukan terpisah. Sehingga menjadi aneh ketika kafe yang notabene restoran, juga membuka layanan karaoke dengan menyediakan PS.

Anggota Komisi I DPRD Kota Mataram, Fuad Sofian Bamasaq, SH., meminta eksekutif melalui SKPD terkait untuk mengecek izin kafe tempat tertangkapnya Sembilan PS itu. Apakah sudah mengantongi izin atau izin yang dikantongi justru tidak sesuai dengan praktik yang ada. ‘’Sekarang kita lihat, kafenya itu beroperasi, ada izin atau tidak,’’ ucapnya.

Kalau memang kafe itu mengantongi izin, sudah pasti tidak akan menyediakan miras atau fasilitas karaoke. Lagipula kafe desainnya harus terbuka. Di Mataram, sambung Fuad, hanya ada karaoke keluarga yang sama sekali tidak menyediakan jasa PS. ‘’Kita lihat PS nya dari mana. Kalau dari internal kafe itu, jelas tidak benar. Kalau PS nya didatangkan dari luar malah lebih salah,’’ ungkapnya. Karenanya ia meminta Pemkot menjatuhkan sanksi kepada kafe yang melakukan aktivitas di luar izin yang ada.

Sementara itu, terkait dua ASN (Aparatur Sipil Negara) di Dinas Dukcapil Kota Mataram yang tertangkap diduga berbuat mesum di dalam kamar hotel di Mataram, tentu harus disikapi. ‘’Sanksinya apa, kita serahkan kepada Pemkot Mataram,’’ cetusnya. Untuk menangani persoalan seperti ini, kata Fuad, pemerintah telah memiliki tata cara sendiri. Namun demikian, sanksi untuk keduanya perlu dipikirkan kembali.

‘’Maksud saja sejauh mana pelanggaran yang dilakukan. Kalau hanya lokasi di sana, mungkin dia ketemu secara tidak janjian, itu kan kita tidak tahu,’’ terangnya. Belajar dari kejadian tersebut, Ia mengingatkan kepada ASN maupun kalangan anggota Dewan yang hendak mengadakan pertemuan, harus memilih tempat yang tidak menimbulkan penafsiran negatif.

‘’Kalau mau pertemua, janganlah di tempat-tempat yang demikian (hotel, red). Apalagi dengan lain jenis. Ada hubungan atau tidak, sebaiknya hindari tempat-tempat yang seperti itu,’’ imbaunya. Pasalnya, tindak tanduk ASN maupun anggota Dewan sekarang ini kerap menjadi sorotan masyarakat. (fit)


Comments

Popular Posts