Selesaikan Ratusan Kasus, Kantor Bersama Minim Fasilitas

Mataram (Suara NTB) –
Meskipun telah mampu memfasilitasi penyelesaian ratusan kasus yang terjadi di masyarakat, tidak membuat Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Linmas memperoleh fasilitas yang wah. Ini terlihat dari keberadaan Kantor Bersama Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Linmas di Kelurahan Ampenan Tengah.

Pantuan Suara NTB menyebutkan, Kantor Bersama Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Linmas Ampenan Tengah itu terletak satu halaman dengan Kantor Lurah Ampenan Tengah. Kantor Bersama Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Linmas itu berukuran sekitar 3 x 3 meter. Di dalamnya hanya terdapat dua meja dan beberapa kursi plastik berikut kipas angin sebagai pendingin ruangan. Bahkan, kantor tersebut masih berlantaikan semen.

Namun demikian, Bhabinkamtibmas Kelurahan Ampenan Tengah, Brigadir Sofian Hakim, S.Sos., mengapresiasi langkah Lurah Ampenan Tengah yang memberikan mereka ruangan untuk dijadikan kantor bersama. ‘’Saya berterimakasih sama bu Lurah yang sudah memberikan fasilitas kantor,’’ ucapnya. Karena sebelum adanya kantor bersama itu, ia ngantor di ruangan yang sama dengan staf Kelurahan Ampenan Tengah.

‘’Jadi kalau sekarang kan penyelesaian masalah tidak menggangu kegiatan di Kantor Lurah,’’ imbuhnya. Dengan adanya kantor bersama, semua permasalahan yang timbul di masyarakat Ampenan Tengah, dapat tertangani dengan baik. Selama penempatan Bhabinkamtibmas di Ampenan Tengah, Sofian menyebutkan, pihaknya telah mampu memediasi ratusan kasus.

‘’Kita menangani 1 – 2 kasus per bulan,’’ akunya. Lurah Ampenan Tengah, Hj. Elya Hadiana mengakui, sangat terbantu dengan keberadaan Kantor Bersama Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Linmas. Dimana lima pilar (Lurah, Bhabinkamtibmas, Babinsa, Linmas dan Tokoh Agama/Tokoh Masyarakat) ini telah mampu menyelesaikan beragam masalah yang terjadi di masyarakat.

‘’Sehingga tidak sampai ke atas (ranah hukum, red). Kasus yang banyak terjadi terjadi di masyarakat adalah kasus terkait pemuda. Katanya, kantor bersama itu merupakan kantor bersama Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Linmas pertama yang ada di Kota Mataram. Sejumlah pejabat pernah menyambangi kantor itu. Mulai dari Penjabat Walikota Mataram, Kapolres dan Kapolda.


Bahkan, aku, Elya, Penjabat Walikota Mataram menjanjikan AC untuk kantor bersama itu. Ditempat yang sama, Pejabat Sementara Kanit Binmas Polsek Ampenan, Ipda Rahel Elsi Mbuik mengapresiasi kerja Bhabinkamtibmas yang selalu siap memfasilitasi masyarakat kapanpun dibutuhkan. Untuk menciptakan kondisi yang kondusif, khususnya di Ampenan, Bhabinkamtibmas rutin melakukan DDS (door to door system) atau kunjungan dari rumah ke rumah dan memfungsikan kantor bersama sebagai wadah problem solution. (fit)

Comments

Popular Posts