PU Masih Tertutup

KOMISI III DPRD Kota Mataram menyambut positif dilaksanakannya perbaikan jalan lingkungan. Hanya saja, Dinas PU Kota Mataram sebagai SKPD teknis terkesan jalan sendiri dan tidak melibatkan Komisi III yang merupakan mitra kerjanya. Kondisi ini dikeluhkan oleh Sekretaris Komisi III DPRD Kota Mataram, Ismul Hidayat.

Berbicara kepada Suara NTB di ruang kerjanya Jumat (20/11), Ismul menyampaikan, perbaikan jalan lingkungan tetap menjadi perhatian Komisi III. ‘’Terhadap pelaksanaannya terlebih kaitannya dengan evaluasi pelaksanaan yang laporan terakhir dari eksekutif dalam hal ini PU, memang telah mencapai 70 persen,’’ terangnya.

Sehingga masih ada beberapa sisa kegiatan yang akan dilaksanakan di akhir tahun ini. Meskipun perbaikan jalan lingkungan telah berjalan, namun kata Ismul, Komisi III tetap memandang perlu mendapatkan data-data jalan lingkungan. Karena ini terkait dengan pembahasan RAPBD 2016.

‘’Terkait berapa yang sudah dilaksanakan, dimana, itu pertanyaannya. Sehingga kita di dalam rapat kerja nanti akan membandingkan data yang disampaikan Dinas PU dengan data yang belum diperbaiki untuk bisa dianggarkan dalam 2016,’’ terangnya. Karenanya, Komisi III tetap menekankan kepada Dinas PU agar secepatnya menyerahkan data jalan lingkungan.

Bahkan Ismul mengaku tidak mengetahui pasti apakah jalan lingkungan yang ada di dapilnya mendapat jatah perbaikan jalan atau tidak. ‘’Karena memang PU tidak menyerahkan data itu,’’ keluhnya. Padahal, menurut pengamatan anggota Dewan dari dapil Selaparang ini, masih banyak ruas jalan rusak yang justru tidak tersentuh perbaikan.

‘’Itu nanti akan menjadi pertanyaan kami. Apa persyaratan sehingga lingkungan itu diproses perbaikannya atau tidak,’’ imbuhnya. Capaian perbaikan jalan lingkungan yang diklaim Dinas PU, menurut Ismul baru sebatas estimasi. ‘’Makanya kita ingin dapat data itu, baru kita cross check ke lapangan,’’ demikian Ismul.

Data perbaikan jalan lingkungan 2015 akan menjadi barometer untuk tahun angagran 2016. ‘’kami tidak akan mau membahas anggaran perbaikan jalan lingkungan 2016, kalau tidak diberikan data 2015,’’ ancamnya. Politisi PKS ini melihat Dinas PU Kota Mataram masih tertutup terkait perbaikan jalan lingkungan. Meskipun sumber anggaran perbaikan jalan itu dari dana alokasi khusus, namun objek perbaikan ada di Kota Mataram. Sehingga kalau ada keluhan masyarakat mengenai jalan lingkungan, kerap disampaikan kepada Dewan. (fit)

Comments

Popular Posts