Bawa ke Ranah Hukum

ANGGOTA Komisi II DPRD Kota Mataram, I Wayan Wardana, SH., mengaku miris mendengar kabar dugaan penjualan aset milik Pemkot Mataram yang saat ini dalam pengelolaan PT. Pasifik Cilinaya Fantasi. Terlebih diduga telah terbit sertifikat atas nama pribadi atas sejumlah ruko di barat Mataram Mall.

 ''Kita dari Komisi II, kita panggil dulu pihak - pihak terkait persoalan ini seperti BPKAD (Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah) sebagai pihak yang paling bertanggung jawab dalam hal ini,'' terangnya menjawab Suara NTB di Mataram. Selain BPKAD, Komisi II juga kemungkinan akan memanggil pihak - pihak yang diduga memindahtangankan kepemilikan aset itu.

Komisi II merasa perlu mengklarifikasi persoalan ini, termasuk kepada PT. PCF.  ''Kok bisa aset daerah berpindah tangan tanpa sepengetahuan pihak yang seharusnya mengetahui,'' sesalnya. Ada kesan, lanjut Wardana, bahwa aset daerah dengan mudah berpindah tangan kepada pihak lain.

Disamping mengusulkan pemanggilan pihak - pihak terkait, politisi PDIP ini juga mendorong persoalan tersebut dibawa ke ranah hukum. ''Kalau sudah seperti ini, ya seharusnya masuk ranah hukum,'' sarannya. Dan, pihak - pihak terkait perlu juga dimintai keterangan secara hukum.

''Artinya kita ingin tahu ada permainan seperti apa kok bisa seperti sekarang ini. Siapa saja yang mengambil keuntungan dari situasi ini. Inikan jelas-jelas di depan mata, tidak ada orang tahu,'' ucapnya. Dengan kejadian seperti saat ini, Wardana cukup menyayangkan predikat WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) yang pernah diperoleh Pemkot Mataram.

Wardana merasa Pemkot Mataram sesungguhnya belum layak mendapat predikat WTP. Pemkot Mataram mestinya dapat menjelaskan kepada publik, apa yang sesungguhnya terjadi dengan aset Pemkot Mataram. ‘’Kalau kita (Pemkot, red) sudah mendapat WTP, itu artinya persoalan aset seharusnya sudah clear,’’ tambahnya.

Ia melihat, WTP di Kota Mataram, ibarat laporan dengan kemasan yang bagus, tetapi kontennya masih berantakan. WTP semestinya dapat menyemangati Pemkot Mataram untuk bekerja lebih baik lagi. ‘’Sehingga hal-hal seperti ini tidak terjadi lagi. Ini bukan hal kecil, ini hal besar,’’ tandasnya. (fit)


Comments

Popular Posts