Sampah dan Transportasi Massal

DITETAPKANNYA pasangan AMAN (H. Ahyar Abduh dan H. Mohan Roliskana) sebagai walikota dan Wakil Walikota Mataram terpilih, membawa harapan baru bagi masyarakat. Harapan ini juga disampaikan oleh kalangan Dewan yang notabene dari fraksi partai yang tidak ikut berpartisipasi dalam Pilkada Kota Mataram 9 Desember lalu.

Salah satunya adalah Wakil Ketua DPRD Kota Mataram, I Wayan Sugiartha. ‘’Mana program yang dianggap sudah bagus pada pemerintahan terdahulu ya silahkan itu dilanjutkan. Kemudian pascaitu, mana program Ibu Penjabat Walikota yang dianggap baik, juga silahkan untuk dilanjutkan,’’ tuturnya kepada Suara NTB di Mataram belum lama ini.

Wayan Sugiarta mengingatkan kepada pasangan AMAN untuk tidak malu atau gengsi melanjutkan program Penjabat Walikota Mataram, bilamana program itu dipandang baik. ‘’Toh juga kemarin, beberapa program Pak Wali (H. Ahyar Abduh) yang dianggap bagus oleh ibu Penjabat Walikota Mataram juga dilanjutkan,’’ imbuhnya.

Menurut Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Mataram ini, hal paling mendesak yang harus segera dilakukan pasangan AMAN segera setelah dilantik nantinya adalah penanganan masalah sampah. Selain masalah sampah, pasangan AMAN juga diharapkan segera melakukan penataan transportasi.

Masalah transportasi penting menjadi perhatian Walikota definitif karena kemacetan sudah mulai terasa di Kota Mataram. Sehingga hal itu juga sudah harus mulai dipikirkan. Disamping membuka akses jalan, berikut pelebaran badan jalan, hal penting lainnya yang juga harus dipikirkan adalah keberadaan transportasi massal.

Wayan Sugiartha mengapresiasi penghargaan WTN (Wahana Tata Nugraha) yang diperoleh Pemkot Mataram sebagai reward tertib lalu lintas di daerah ini. Namun, lanjutnya, Pemkot Mataram hendaknya tidak hanya terpaku pada penghargaan tersebut. ‘’Kalau bisa kita tingkatkan untuk mengurai kemacetan akan lebih bagus lagi. Karena kemacetan ini sudah mulai terasa di Mataram,’’ ujarnya.


Terutama di jalan-jalan protokol di Kota Mataram. Seperti Jalan Pejanggik dan Jalan Panca Usaha. Termasuk yang di pinggir-pinggir ini sudah mulai terasa. Jalan Sriwijaya dan Jalan Majapahit juga sudah mulai terasa macetnya,’’ keluhnya. Kehadiran transportasi massal diyakini akan mampu menjawab kemacetan yang dikhawatirkan akan semakin parah di Kota Mataram. (fit)

Comments

Popular Posts