Tangkap Provokator

ANGGOTA DPRD Kota Mataram, Lalu Suriadi, SE., menyayangkan bentrok yang kembali pecah antara Monjok dengan Karang Taliwang Rabu dini hari. Suriadi yang mengira persoalan antara kelurahan bertetangga ini sudah selesai, juga mengaku kaget mendengar kabar bentrok yang terjadi di sana. Apalagi dampaknya sampai meliburkan SMP 4 Mataram dan juga Puskesmas Karang Taliwang.

Suriadi menyesalkan liburnya Puskesmas dan juga sekolah karena bentrok tersebut. Menurut anggota Dewan dari Dapil Selaparang ini, mesti pelayanan kepada masyarakat harus tetap dilakukan. ''Apapun yang terjadi, Puskesmas harus tetap melayani masyarakat,'' katanya. Toh, lanjutnya, ada aparat kepolisian yang berjaga-jaga di sana.

Sebetulnya meliburkan sekolah dan juga Puskesmas tidak perlu terjadi. Suriadi mengimbau masyarakat di kedua belah pihak. Bahwa bentrokan itu tidak ada manfaatnya. Apalagi Karang Taliwang terkenal dengan wisata kulinernya. Artinya selama masih saja bentrok, sudah pasti akan mengganggu perkembangan kuliner di sana.

Bukan tidak mungkin pengunjung akan takut datang ke pusat kuliner itu lantaran ada di kawasan bentrokan. Pada bagian lain, Suriadi mengatakan, Pemkot Mataram sudah memfasilitasi perdamaian kedua belah pihak dengan berbagai cara. ''Saya pikir sudah selesai,'' cetusnya.

Ia menyarankan Pemkot Mataram agar mencari apa yang menjadi akar persoalan. ''Mereka sudah dikumpulkan untuk damai, kok malah terjadi lagi. Malah sampai terjadi penutupan sekolah dan juga Puskesmas,'' ujarnya.

Padahal dengan kejadian itu, masyarakat sendiri yang akan rugi. Terutama masyarakat di kedua belah pihak. Kalau memang pihak kepolisian mensinyalir ada provokator dalam bentrok Monjok - Karang Taliwang, harus segera ditindak. ''Dengan diambil induknya provokator, maka persoalan ini akan selesai,'' imbuhnya.

Menurutnya, Pemkot Mataram tidak boleh menyerah. Meskipun pertemuan sudah dilakukan beberapa kali. ''Tetap saja lakukan pertemuan sampai ada titik temu,'' sarannya.


Permintaan Penjabat Walikota Mataram agar polisi melakukan sweeping di kedua belah pihak, lanjutnya, perlu juga dilakukan. Hanya saja harus dipertimbangkan juga kondisi yang berlangsung saat ini. Jangan sampai sweeping itu justru mengganggu. Sweeping sebaiknya dilakukan untuk mencari dalang bentrokan ini. (fit)

Comments

Popular Posts