ADEKSI Beri Dampak Ekonomi

DPRD Kota Mataram menyambut positif Rakernas ADEKSI (Asosiasi Dewan Kota Seluruh Indonesia) 2016 digelar di Kota Mataram. Karena efek domino ADEKSI diyakini tidak hanya dirasakan oleh Kota Mataram selaku tuan rumah perhelatan akbar tersebut, tapi juga Pulau Lombok dan Provinsi NTB.

Demikian dikatakan Wakil Ketua DPRD Kota Mataram, Muhtar, SH., kepada wartawan di ruang kerjanya, Selasa (23/2). Terlebih, lanjutnya, ADEKSI rencananya bakal dibuka oleh Wakil Presiden RI, HM. Jusuf Kalla. Kehadiran RI 2 ini, kata Muhtar, diyakini pula bakal memberi dampak positif terhadap kelanjutan pembangunan di Kota Mataram.

‘’Kehadiran beliau (Wapres, red) tidak mungkin hanya memberikan pembekalan kepada Dewan. Tentu hal-hal lainnya juga seperti masalah SDM maupun kesehatan,’’ terang Muhtar. Momen ADEKSI itu juga menjadi peluang bagi Kota Mataram untuk memperkenalkan produk-produk lokal. ‘’Kami sudah menjalin kerjasama dengan Dinas Koperindag Kota Mataram,’’ akunya.

Dimana, Dinas Koperindag Kota Mataram nantinya akan membuat stan pameran berikut penjualan produk-produk lokal Kota Mataram. Sehingga ADEKSI itu memberikan dampak ekonomi yang besar. ‘’Pedagang-pedagang asongan juga akan kebagian rezeki walaupun mereka tidak bisa masuk ke arena ADEKSI,’’ ujarnya.

Yang jelas, kata Muhtar, DPRD Kota Mataram sebagai tuan rumah, telah merancang pelaksanaan ADEKSI dengan konsep yang menarik. Karena selain mengikuti acara yang serius, panitia ADEKSI juga merencanakan adanya sesi city tour. ‘’Jadi nanti mungkin yang rapat hanya ketua-ketuanya saja pada tanggal 26 itu, yang lainnya, bisa berkeliling menikmati keindahan Lombok,’’ demikian Muhtar.

ADEKSI, sambung Muhtar, juga menjadi kesempatan bagi Kota Mataram untuk memaparkan potensi-potensi yang dimiliki oleh ibukota Provinsi NTB ini. Karena sempat ada kekhawatiran dari Ketua Umum ADEKSI mengenai transportasi peserta selama di Mataram. ‘’Ini karena mereka belum tahu, bahwa akses transportasi di Mataram sangat mudah,’’ katanya.


Dari pengalaman menerima kunjungan kerja dari berbagai DPRD, Muhtar menyimpulkan bahwa tamu-tamu dari luar daerah, terlebih anggota Dewan, sangat ingin menikmati Lombok. Karenanya, kehadiran sekitar 700 peserta ADEKSI perwakilan dari 87 DPRD kota seluruh Indonesia harus dilayani dengan sebaik-baiknya. (fit)

Comments

Popular Posts