Maksimalkan Satgas Pertamanan

GAGASAN Dinas Pertamanan Kota Mataram membentuk polisi taman, mendapat tanggapan dari anggota Komisi III DPRD Kota Mataram, Drs. I Ketut Sugiarta. Menurutnya, untuk pengamanan taman berikut fasilitas yang ada di sana, tidak harus dengan jalan membentuk polisi taman. Sebab, Dinas Pertamanan Kota Mataram telah memiliki Satgas Pertamanan.

‘’Itu yang perlu diefektifkan agar tidak over cost,’’ sarannya ketika dikonfirmasi Suara NTB di Mataram, Jumat (19/2). Artinya, perlu dihitung dulu berapa jumlah taman yang ada di Kota Mataram. Itupun, petugas tidak harus full ada di taman. Pasalnya, pengunjung datang ke taman tidak sepanjang hari. ‘’Kan datangnya pada jam-jam tertentu saja dan hari-hari tertentu,’’ imbuhnya.

Menurut Ketut Sugiarta, kalau penempatan tenaga pengawas taman dapat dijadwalkan, itu akan lebih baik. Sebab, kalau tenaga pengawas disiagakan di taman sepanjang hari, akan menjadi mubazir. ‘’Lebih baik dischedule sehingga efektifnya akan berjalan,’’ ucapnya. Ketua Fraksi Gerindra ini tidak menyangkal bahwa pengawasan taman-taman, apalagi yang dilengkapi dengan fasilitas, sangat perlu dilakukan.

Hanya saja, perlu dikaji dulu efektivitas pengunjung taman jam berapa. Sehingga jadwal pengawasan yang dilakukan oleh tenaga khusus itu menjadi lebih efektif. ‘’Jangan sampai hanya ditaruh sekian orang selama 24 jam tapi fungsinya tidak jalan,’’ ujarnya mengingatkan. Kalaupun tenaga pengawas taman ini disiagakan, cukup menggunakan tenaga yang ada dengan mengoptimalkan fungsi mereka.

Sebab, lanjut Ketut Sugiarta, kalau Dinas Pertamanan akan mengangkat polisi taman, ini tentu akan berkonsekuensi terhadap anggaran untuk menggaji mereka. Ia berharap, Dinas Pertamanan dapat mempresentasikan rencananya untuk mengangkat tenaga pengawas taman. ‘’Sebenarnya Satgas Pertamanan itu dengan polisi taman itu bisa jadi satu,’’ katanya.

Ketut Sugiarta lebih setuju kalau tenaga Satgas pertamanan ditambah jumlahnya untuk melakukan fungsi-fungsi pengawasan. ‘’Mereka itu harus difungsikan dengan maksimal,’’ pintanya. Ia mencontohkan kalau sebelumnya tugas Satgas Pertamanan hanya dititikberatkan kepada bagaimana menjaga keindahan taman kota, ke depan fungsi mereka perlu ditingkatkan dalam rangka pengamanan taman.

‘’Misalnya Sabtu Minggu kan banyak pengunjung, di sana mereka disiagakan dan hari-hari biasa siaga pada pagi dan sore hari,’’ pungkasnya. (fit)

Comments

Popular Posts