Dewan Harus Tes Urine

I Gst. Bagus Hari Sudana Putra
MARAKNYA peredaran narkoba, membuat BK (Badan Kehormatan) DPRD Kota Mataram, waspada. Bahkan, anggota BK DPRD Kota Mataram, I Gusti Bagus Hari Sudana Putra, SE., meminta BNN Kota Mataram maupun BNN Provinsi NTB melakukan tes urine kepada 40 anggota Dewan Lingkar Selatan itu.

Anggota BK yang akrab disapa Gus Arik ini, mengatakan, narkoba sudah masuk ke semua kalangan. Sehingga, ia memandang penting dilakukan tes urine kepada anggota Dewan. Karena selama ini, tes urine belum menyasar DPRD Kota Mataram pada periode 2014 – 2019. ‘’Jangan kita hanya mendorong tes urine dilakukan di eksekutif, TNI/Polri, Dewan juga perlu tes urine,’’ ujarnya kepada Suara NTB di DPRD Kota Mataram.

Seperti diketahui, BNN Kota Mataram pernah melakukan tes urine di DPRD Kota Mataram pada periode 2009 – 2014, yang ditandai dengan terpampangnya plang bertuliskan ‘’instansi ini telah melaksanakan tes narkoba’’. Hanya saja, saat itu hasilnya tidak diumumkan kepada publik. ‘’Itu yag kita tidak mau,’’ cetus politisi Demokrat ini. Gus Arik mendorong dilakukannya tes urine dengan proses yang transparan.

Bahkan, setelah hasilnya ada, pimpinan Dewan bersama BNNK Mataram diharapkan menggelar jumpa pers untuk mempublikasikan hasil tes urine itu. Apapun hasilnya nanti, kata dia, merupakan sebuah konsekuensi. ‘’Jangan tertutup. Kita harus gentle kalau memang kita tidak mengkonsumsi,’’ imbuhnya.

Kalaupun nantinya ada yang terindikasi positif, harus jelas alasannya. Apakah positifnya karena mengkonsumsi obat dokter atau benar-benar zat adiktif dari narkoba. ‘’Jangan nanti kalau sudah positif baru ngaku-ngaku mengkonsumsi obat dokter. Itu harus dibuktikan dengan resep dokter,’’ pungkasnya.

Dengan dilakukannya tes urine, Dewan dapat menunjukkan kepada masyarakat bahwa anggota Dewan yang merupakan representasi wakil masyarakat di parlemen bebas dari zat-zat adiktif. Anggota BK dari Fraksi Demokrat ini mengajak anggota Dewan hidup sehat dan jauh dari hal-hal berbau narkoba.


Bagaimana kalau ada anggota Dewan yang menolak tes urine? ‘’Kalau ada yang menolak, ini yang patut dipertanyakan,’’ tandasnya. (fit)

Comments

Popular Posts