Bangun Kanal Banjir

Misban Ratmaji
ANGGOTA Pansus revisi RTRW pada DPRD Kota Mataram, Misban Ratmaji, SE., mengusulkan dibangunnya kanal banjir. Usul ini dia ungkapkan saat rapat kerja pansus RTRW pada DPRD Kota Mataram dengan tim peninjau purubahan RTRW Kota Mataram di ruang rapat DPRD Kota Mataram baru-baru ini.

Pembangunan kanal banjir ini, katanya, untuk mencegah terjadinya banjir di Kota Mataram. Pembangunan kanal banjir ini melintang dari lingkar utara ke selatan. Pembangunan kanal banjir ini menjadi penting, mengingat letak Kota Mataram yang berada di dataran rendah. sehingga, banjir yang terjadi di Mataram lebih sering disebabkan oleh air kiriman yang berasal dari hulu.

Menurut Misban, rencana Pemkot Mataram membangun dua bendungan masing-masing di babakan dan sekarbela justru dianggap kurang efektif. "Akan lebih efektif kalau yang dibangun itu kanal banjir," katanya. Pembangunan kanal banjir diyakini dapat menjadi solusi atas persoalan banjir yang selama ini terjadi di Mataram.

Misban mencontohkan banjir yang menerjang beberapa lingkungan di Kecamatan Sekarbela. Karena, sambung dia, kalau hanya membangun bendungan, kemungkinan hanya mengatasi banjir akibat hujan. Sehingga air kiriman yang berasal dari daerah hulu seperti Lombok Barat tidak bisa ditahan. ‘’Setidaknya kalau banjir kiriman dari daerah tetangga, tidak langsung ke tengah kota, tetapi dapat ditahan dengan adanya kanal,’’ ucapnya.

Kalaupun sampai terjadi banjir, bukan karena kanal tak mampu menampung air, melainkan karena frekuensi hujan yang sangat tinggi. ‘’Jadi tidak semuanya air itu tumpah ke tengah. Tapi ada yang tertahan di kanal itu,’’ imbuhnya. Politisi PKPI ini mencontohkan DKI Jakarta yang telah membangun kanal untuk mengatasi banjir.


Namun belakangan, kanal itu justru memiliki fungsi lain, yakni menjadi sarana rekreasi warga. Hal yang sama juga diharapkan dapat diterapkan di Kota Mataram. Untuk membangun kanal banjir dibutuhkan lahan dengan lebar sekitar 25 meter. ‘’Kalau panjangnya kan mengikuti panjang aliran sungai dari utara ke selatan,’’ katanya. (fit)

Comments

Popular Posts