Harus Paham Tupoksi

Syamsul Bahri
WAKIL Ketua Komisi III DPRD Kota Mataram, Syamsul Bahri, SH., menyambut baik pengisian OPD (Organisasi Perangkat Daerah) lingkup Pemkot Mataram. Termasuk pengisian OPD baru seperti DLH (Dinas Lingkungan Hidup). Ia mengatakan bahwa terpilihnya Irwan Rahadi mengisi jabatan kepala DLH Kota Mataram harus diimbangi dengan kerja keras. ‘’Ibaratnya, harus mengencangkan ikat pinggang sambil berlari,’’ kata Syamsul kepada Suara NTB di DPRD Kota Mataram, Senin (13/2).

Tidak ada alasan bagi eksekutif tidak bisa mengeksekusi program karena belum ada anggaran. Karena anggaran sendiri telah ditetapkan jauh-jauh hari. Untuk itu, pejabat yang menduduki jabatan baru, harus segera menyesuaikan diri dengan tugas barunya. Apalagi dengan adanya kebijakan Pemkot Mataram memberikan dana lingkungan masing-masing Rp 50 juta per lingkungan, harus mendapat perhatian serius.

Syamsul mengakui, meski APBD Kota Mataram telah ditetapkan, untuk dana lingkungan tidak serta merta bisa langsung dicairkan. Terlebih untuk pengadaan kendaraan roda tiga, prosesnya harus melalui LPSE (Layanan Pengadaan Sistem Elektronik). Sementara itu, Dewan selaku mitra eksekutif, akan melakukan pengawasan terkait pemanfaatan dana lingkungan tersebut. ‘’Penerima dana lingkungan ini juga harus dibriefing supaya tidak jadi temuan nanti,’’ pesannya.

Ia tidak menyangkal, sampah masih menjadi persoalan serius yang dihadapi oleh Kota Mataram. Kompleknya persoalan sampah di Mataram, membutuhkan SDM yang tangguh di DLH Kota Mataram. Karena berbagai cara telah dicoba untuk menanggulangi sampah, tetapi belum juga menunjukkan hasil yang memuaskan. ‘’Apa yang sebenarnya menjadi persoalan dalam penanganan sampah. Kalau anggaran, kita sudah support anggaran. Kemudian dari segi petugas, sepertinya sudah memadai,’’ pungkasnya.

Untuk itu, politisi Nasdem ini berpesan agar pejabat yang telah diberikan amanah sebagai kepala DLH Kota Mataram, agar tidak lalai dan paham akan tupoksinya sebagai pimpinan SKPD. Salah satu wujud keberhasilan DLH adalah bagaimana menghantarkan Mataram mendapatkan piala Adipura. Syamsul yakin Walikota dan Wakil Walikota Mataram, tidak akan salah pilih pejabat yang membantu dia melaksanakan pembangunan di Mataram.

Untuk itu, pejabat yang mendapat kepercayaan diharapkan dapat menunjukkan kinerja mereka yang maksimal. Terlebih pejabat itu mendapatkan promosi. (fit)

Comments

Popular Posts