Minta Eksekutif Lebih Serius

HM. Zaini
KETUA Komisi II DPRD Kota Mataram, Drs HM. Zaini menyoroti belum terealisasinya pemasangan tapping box di Kota Mataram. Padahal pemasangan alat tersebut sudah direncanakan sejak tahun lalu. "Apa kendalanya? Apakah pihak ketiga yang belum merealisasikan perjanjian tersebut atau apa ketidaksiapan dari eksekutif sendiri atau dari pihak hotel tidak mau. Apa kendalanya," tanyanya. Karena sepengetahuan Komisi II, bahwa tapping box itu akan dipasang di 10 hotel besar di Mataram.

Pemasangan alat tapping box itu, merupakan percontohan. Sehingga Zaini pesimis Pemkot Mataram mampu memasang alat tapping box di semua titik yang ada. "Yang 10 saja ndak bisa, bagaimana mau memasang semua kalau begini caranya," sesalnya. Dia menegaskan, butuh komitmen kuat terhadap hal seperti ini. Eksekutif diminta jangan hanya berwacana tapi dalam praktiknya tidak dilaksanakan.

Anggaran pengadaan tapping box ini sebetulnya tidak menjadi masalah. Karena, lanjut Zaini, banyak pihak yang ingin berpartisipasi dalam pengadaan tapping box. ‘’Bahkan mereka sudah siap. Tinggal kita laksanakan saja,’’ pungkasnya. Ditanya kemungkinan melakukan pengadaan tapping box menggunakan anggaran yang bersumber dari APBD Kota Mataram, juga cukup memungkinkan.

‘’Kenapa tidak, itu juga memungkinkan,’’ cetusnya. Hanya saja, waktu itu sudah ada pihak ketiga yang siap bekerjasama dalam hal pengadaan tapping box. Sumber dana pengadaan tapping box ini harus jelas. ‘’Harusnya disampaikan dari awal, kalau memang dari APBD ya kita pakai APBD,’’ katanya. Ketua Fraksi Partai Demokrat ini tidak menyangkal kalau sejumlah daerah menggunakan APBD mereka masing-masing untuk pengadaan tapping box.

Namun yang ingin diterapkan di Mataram adalah azas simbiosis mutualisme antara Pemkot Mataram dengan pihak ketiga. ‘’Tapi kalau kondisnya seperti ini, harus cepat disampaikan oleh dinas terkait,’’ ucapnya. Ia menyayangkan kesiapan yang disampaikan Pemkot Mataram hanya sebatas wacana. Karena buktinya, sampai hari ini, rencana pemasangan tapping box itu belum terealisasi.

Ia mendorong Pemkot Mataram untuk lebih serius dalam rangka mengamankan potensi PAD. Karena dengan belum terealisasinya pemasanga tapping box itu menunjukkan kekurangserisan Pemkot Mataram. (fit)

Comments

Popular Posts