Pengadaan Sarana Jangan Mubazir

KEBIJAKAN Dinas Dukcapil (Kependudukan dan Catatan Sipil) Kota Mataram menghentikan operasional mobil perekaman KTP elektronik, cukup disayangkan. Meskipun aplikasi perekaman KTP elektronik di Kementerian Dalam Negeri, saat ini sedang bermasalah, bukan berarti mobil itu lantas dibiarkan menganggur.

Mestinya kendaraan itu dapat dialihfungsikan untuk jenis pelayanan lainnya kepada masyarakat. Pasalnya, Dinas Dukcapil Kota Mataram tidak hanya melayani KTP elektronik saja, tetapi masih banyak jenis pelayanan lainnya. Seperti kartu keluarga, akta kelahiran, akta kematian dan lain sebagainya. Pelayanan yang masih terpusat di Kantor Dinas Dukcapil Kota Mataram, tidak jarang dikeluhkan oleh masyarakat.

Karenanya, kehadiran mobil operasional Dinas Dukcapil Kota Mataram diharapkan mampu menjawab harapan masyarakat. Memang, seperti disampaikan Kepala Dinas Dukcapil Kota Mataram, Drs. H. Ridwan bahwa mobil pelayanan KTP elektronik itu dijadwalkan beroperasi melakukan perekaman KTP elektronik hingga Bulan Juli lalu. Mestinya, setelah Bulan Juli itu, Dinas Dukcapil Kota Mataram memikirkan pemanfaatan mobil tersebut.

Jangan hanya terpaku pada pemanfaatan untuk perekaman KTP elektronik saja. Sementara warga yang sudah sejak lama melakukan perekaman KTP elektronik, hingga saat ini masih banyak yang belum terlayani pencetakan. Mestinya mobil operasional yang sebelumnya digunakan untuk melakukan perekaman KTP elektronik secara kelilingdi tiap kelurahan, dimanfaatkan untuk hal serupa.

Misalnya, memanfaatkannya untuk layanan pencetakan KTP elektronik bagi warga yang telah melakukan perekaman. Sehingga, pelayanan tidak hanya di satu tempat saja yakni di Kantor Dinas Dukcapil Kota Mataram. Lagipula, dengan pelayanan pencetakan KTP elektronik, akan mengurai penumpukan warga yang hendak mendapatkan pelayanan pencetakan KTP elektronik di Kantor Dinas Dukcapil.

Yang jelas, mobil itu harusnya dimanfaatkan seoptimal mungkin untuk melayani masyarakat. Kalaupun tidak memungkinkan untuk memberikan layanan pencetakan KTP elektronik secara keliling, paling tidak bisa digunakan untuk keperluan lainnya. Seperti meningkatkan sosialisasi kepada masyarakat. Karena, masih banyak masyarakat yang belum mengetahui seputar layanan kependudukan Dinas Dukcapil Kota Mataram.

Contohnya, tidak sedikit warga yang terpaksa datang berulangkali ke kantor yang beralamat di Jalan dr. Soejono Lingkar Selatan Kota mataram ini. Hal ini karena masih ada warga yang belum mengetahui syarat perekaman KTP elektronik maupun pencetakan KTP elektronik dan terkait jenis layanan lainnya. Untuk itu, sosialisasi memang perlu digalakkan kembali. Sehingga masyarakat yang datang ke Dinas Dukcapil Kota Mataram, tidak lagi sekadar datang lantas tidak terlayani akibat persyaratan yang kurang lengkap.

Mestinya warga yang datang ke Dukcapil Kota Mataram, adalah warga yang sudah siap dilayani. Kondisi ini memang membutuhan kreatifitas SDM yang ada di Dinas Dukcapil Kota Mataram. Tidak itu saja, sosialisasi juga dapat dilakukan melalui situs resmi yang dimiliki Dinas Dukcapil. Sehingga pengadaan sarana mobil operasional dan juga web Dinas Dukcapil Kota Mataram, tidak mubazir. (*)

Komentar