AP Survai Pemanfaatan BS Setelah BIL Beroperasi

Di tengah proses pembangunan BIL (Bandara Internasional Lombok) di Pujut, Lombok Tengah, pihak PT Angkasa Pura, diam-diam mulai mengambil ancang-ancang untuk Bandara Selaparang (BS), Mataram, nantinya. Buktinya, Senin (25/5) kemarin, tim survai dari AP, bertemu dengan Pemkot Mataram.
Rombongan tim AP tersebut diterima langsung oleh Wali Kota Mataram, H. Moh. Ruslan, SH., didampingi Kepala Bappeda Kota Mataram, Drs. H. Ainul Asikin serta beberapa staf bidang fisik Bappeda setempat. Kepala Bappeda yang dikonfirmasi usai pertemuan yang berlangsung di Ruang Kenari Kantor Wali Kota Mataram, menuturkan, kedatangan mereka memang untuk melakukan survai awal tentang pemanfaatan eks BS setelah BIL di Loteng beroperasi.
Pada pertemuan itu, lanjut Asikin, Wali Kota mempersilakan pihak AP untuk melakukan survai yang tentunya harus melibatkan SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) terkait. Namun demikian, terhadap rencana tersebut, Wali Kota menggarisbawahi dua hal. Pertama, pertahankan lahan eks bandara sebagai daerah resapan atau RTH (Ruang Terbuka Hijau). Kedua, perubahan yang nantinya dilakukan harus tetap memperhatikan kepentingan masyarakat lingkar BS, khususnya dan masyarakat Mataram pada umumnya.
''Seperti konsep bina lingkunganlah,'' cetusnya. Dikatakankan Asikin, tim AP datang ke Pemkot Mataram untuk meminta izin melakukan survai. ''Pemberian izin survai ada di Bappeda Kota Mataram,'' cetusnya. Rencananya, survai akan dilakukan tanggal 25 Mei hingga 8 Maret 2009. Ada beberapa wacana dan rencana pemanfaatkan lahan eks BS nantinya. Antara lain untuk pembangunan Super Mall, Convention Hall dan Sekolah Penerbangan.
Kabar yang beredar, orang nomor satu di Mataram, kurang setuju kalau lahan eks BS nantinya dijadikan Super Mall atau bangunan beton, mengingat ia ingin kawasan itu dipertahankan sebagai RTH. Namun, saat hal itu dikonfirmasi kepada kepala Bappeda Kota Mataram, hal dibantahnya. ''Kita belum tahu akan jadi apa eks BS itu nantinya,'' ucap Ainul. Karena apapun yang nantinya akan dilakukan terhadap lahan eks BS, akan sangat tergantung dari hasil survai tim AP. ''Pertemuan masih akan kita lakukan Besok (hari ini, red),'' sebutnya. Hasil survai nantinya juga akan disampaikan kepada pihak Pemkot Mataram. (fit)

Comments

Popular Posts