Menurun, Jumlah JCH Asal Mataram


Antusias masyarakat Kota Mataram untuk menunaikan ibadah haji, memang tidak diragukan lagi. Hanya saja, untuk musim haji 1430 hijriyah/2009 ini, jumlah JCH (Jemaah Calon Haji) dari kota yang maju dan religius ini, menurun.
Penurunan itu, sebagaimana dituturkan Kepala Kantor Depag Kota Mataram melalui Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh, Drs. H. Muhammad, yang ditemui Suara NTB, di ruang tunggu Wakil Wali Kota Mataram usai mengikuti manasik haji gratis yang diselenggarakan oleh IPHI (Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia) Kota Mataram, Sabtu (23/5), bukan karena jumlah pendaftarnya yang merosot, melainkan karena nomor kursi yang didapat.
Muhammad menyebutkan, untuk musim haji tahun ini, jumlah JCH asal Mataram tercatat sebanyak 695 orang. Jumlah ini diakuinya menurun dibandingkan musim haji tahun lalu. ''Tahun lalu jumlahnya 708,'' sebutnya. Dikatakannya, masalah jumlah JCH yang berangkat dari suatu daerah sangat tergantung dengan nomor kursi. Sejauh ini, nomor kursi sudah mencapai 23.000. Dari nomor kursi itu, termasuk 695 JCH asal Mataram.

Comments

Popular Posts